Pelantikan Panwas Kelurahan /Desa Se-kecamatan Masbagik Dalam Rangka Menyukseskan Pemilu 2024

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM, LOMBOK TIMUR – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Masbagik melantik 10 orang Pengawas Pemilu tingkat Kelurahan/Desa se Kecamatan Masbagik. Dalam acara pelantikan ini turut hadir Camat Masbagik, Kapolsek Masbagik, Danramil Masbagik, dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Camat Masbagik, Minggu (5/2/2023).

Dalam sambutannya, Camat Masbagik berharap agar Panwaslu Desa selalu menjaga harmonisasi dengan Forkopinca Kecamatan Masbagik. Hanya dengan bersama-sama kita bisa mengawal demokrasi dengan maksimal ungkapnya.

Kapolsek Masbagik dalam sambutannya memberikan banyak arahan terkait dengan pelangaran pemilu. Kapolsek menerangkan tentang prosedur penanganan tindak pidana pemilu yg sifatnya lex spesialis. Biasanya laporan pengawasan akan patah di sentra gakkumdu karena tidak memenuhi unsur formil dan materil. Beliau juga menerangkan jam-jam genting pelanggaran pemilu oleh peserta maupun penyelenggara pemilu. Hal ini yg menyebabkan konflik di lapangan. Penyelenggara pemilu yg berintegritas rendah sangat mungkin di intervensi oleh peserta pemilu.

Sementara itu Danramil Masbagik berpesan kpd seluruh Panwaslu Desa agar bekerja dengan sepenuh hati untuk bangsa dan megara dalam hal menegakkan demokrasi.
Sahnam Komisioner Bawaslu Kabupaten Lombok Timur menghimbau kepada seluruh Panwaslu Desa agar bisa meningkatkan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Bawaslu saat ini lebih mengedepankan pencegahan.

Ketua Panwascam Masbagik mengungkapkan keseriusannya dalam mengawal demokrasi hususnya di Desa Masbagik. Saat ditemui selesai melantik Panwaslu Desa, Hilyadi selaku Ketua Panwascam Masbagik berharap bisa berkolaborasi antara Panwascam dan Panwaslu Desa serta seluruh elemen masyarakat lainnya.

BACA JUGA:  Kunjungi SLB Negeri Nusak Jagoi Babang, Kapolres Bengkayang Beri Motivasi Kepada Guru dan Orang Tua Murid

Semoga dengan adanya Panwaslu Desa ini, Pemilu di Kecamatan Masbagik berjalan dengan lancar dan damai sesuai dengan asas-asas pemilu ungkapnya.

( KORDINATOR LIPUTAN NTB )

Mungkin Anda juga menyukai