Bupati Gowa Dorong Peran Pemuda dalam Ciptakan Lapangan Kerja

GOWA, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali melaksanakan Musyawarah Perencaan Pembangunan (Musrenbang) Pemuda yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (8/3/2023).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa Musrenbang Pemuda ini sebagai sarana pelibatan kaum muda untuk memberikan sumbangsi pemikirian untuk arah pembangunan daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) di tahun mendatang.

“Musrenbang pemuda ini untuk memberikan sumbangsih pemikiran seperti apa rencana pembangunan di tahun depan untuk bisa memenuhi hak-hak pemuda sesuai aturan, sehingga arah kebijakan pembangunan kepemudaan semakin jelas dan konkrit,” ujarnya.

Lanjut Adnan, pembangunan kepemudaan menjadi hal yang sangat penting. Menurutnya pemuda adalah masa depan dan bangsa ini, apalagi Indonesia akan menuju Indonesia Emas 2045 atau 100 tahun pasca kemerdekaan, sehingga dibutuhkan kualitas SDM yang berkualitas.

“Olehnya Musrenbang Pemuda keempat ini, kita ingin saudara-saudara memberikan masuk dan saran terkait pemenuhan hak pemuda sesuai aturan yang berlaku di kabupaten agar kira bisa membangun SDM yang unggul di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Selain itu, melalui Musrenbang Pemuda dengan tema “Pemuda Produktif, Gowa Semakin Maju”, Adnan berharap pemuda saat ini khususnya yang ada di Kabupaten Gowa mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Saya berharap pemuda menjadi entrepreneur, untuk bisa mempekerjakan orang, berpikirlah untuk bisa mempekerjakan orang membantu pemerinatah mencipatakan lapangan pekerjaan, sehingga menurunkan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PC. GP. Ansor Gowa, M. Fajrul Mubarak AF menyambut baik dengan adanya Musrenbang Pemuda yang dilaksanakan Pemkab Gowa ini. Menurutnya dengan adanya Musrenbang Pemuda ini, maka pemuda memiliki semangat kemandirian dan kesempatan dalam berpartisipasi dalam Pembangunan Daerah.

BACA JUGA:  Jasa Raharja Mamuju Survei Kediaman Ahli Waris dan Serahkan Santunan

Olehnya itu, dirinya berharap, pemuda dapat menjadi subjek pembangunan, berkontribusi dan menyampaikan apa yang menjadi harapan-harapan para pemuda untuk kemajuan Kabupaten Gowa di masa mendatang.

“Dengan berpartisipasinya pemuda dalam Musrenbang tersebut, pemuda dapat berjuang untuk mendapatkan manfaat dari program atau kegiatan yang ada, baik dari sektor pendidikan maupun ekonomi dan pemuda juga dapat berkontribusi bagi pembangunan daerah,” ungkapnya.

Ketua Pemuda Pancasila, Fitra Syahdanul, juga mnegapresiapsi langka Pemkab Gowa melaksanakan Musrenbang Pemuda. Fitra menyebutkan bahwa Musrenbang Pemuda adalah suatu kesempatan yang baik bagi OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) untuk dapat memberi ide serta masukan agar terus memilki peran dalam pembangunan daerah.

Dirinya juga menyebutkan bahwa kajian secara teoritis hari ini, pemuda serta cita-cita pemuda sangatlah dibutuhkan guna menyusun program kepemudaan yang matang dan sempurna.

“SAPMA Pemuda Pancasila Gowa tentu akan terus berupaya untuk membantu Pak Bupati Gowa dan Pak Wakil Bipati Gowa dalam melakukan peningkatan potensi sumber daya pemuda di Kabupaten Gowa,” tandasnya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan talkshow dan diskusi dengan menghadirkan narasumber, Direktur Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri, Rahmansyah dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, Andi Rahmat Idris Manggabarani.

Turut hadir dalam Musrenbang Pemuda ini Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, Anggota DPRD Kabupaten Gowa, Ardiansyah Sabir. (JN) (Humas Gowa/Abels Usmanji)

Mungkin Anda juga menyukai