Uji Kebugaran Prajurit, Kodim 1615/Lotim Gelar Tes Garjas

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR NTB – Untuk menguji ketahanan fisik, TNI AD memberlakukan tes kesegaran jasmani (Garjas) yang digelar setiap enam bulan sekali. Tes kesegaran jasmani ini meliputi kesemaptaan A berupa lari selama 12 menit dan kesemaptaan B berupa pull up, sit up, pus up dan lari angka 8 serta ketangkasan yaitu renang gaya dada sepanjang 50 meter.

Kodim 1615/Lotim hari ini menggelar tes kesegaran jasmani periodik semester II tahun 2023 di GOR H. Lalu Muslihin Selong Lombok Timur, Kamis (19/10/2023).

Tes kesegaran jasmani yang diikuti seluruh prajurit dan PNS itu berlangsung selama dua hari sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Staf Personalia Kodim 1615/Lotim. Dalam pelaksanaannya, seluruh personel melakukan pengecekan tensi oleh tim kesehatan dari PPK Kodim. Dari hasil pengecekan tensi itu, bagi yang memenuhi syarat dapat mengikuti tes kesegaran jasmani, sedangkan bagi yang tidak memenuhi tidak diperbolehkan mengikuti tes.

Pelaksanaan Garjas dipimpin langsung Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro bersama Kasdim Mayor Inf Sarbini mendapat atensi khusus dari Dinas Jasmani Korem 162/Wira Bhakti Mataram.

Dandim 1615/Lotim dalam arahannya mengatakan tes Garjas periodik ini wajib dilakukan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kebugaran fisik masing-masing prajurit sekaligus untuk mengetahui tingkat pembinaan fisik yang dilakukan selama enam bulan di satuan.

“Jadi laksanakan dengan maksimal, namun apabila dalam pelaksaannnya terasa pusing sebaiknya minggir dan jangan di paksa,” serunya.

Bayu Sigit juga mengingatkan selama kegiatan berlangsung agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan sesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing prajurit.

BACA JUGA:  Polda NTB Ingatkan Dishub Soal Shuttle Bus Jangan Sampai Ada Penonton Tak Terangkut

Selain peserta tes kesegaran jasmani periodik, sebanyak 60 orang anggota Kodim juga melaksanakan Gasjas untuk usul kenaikan pangkat (UKP) periode 1 Oktober 2024.

KORLIP NTB

Mungkin Anda juga menyukai