Rakor Persiapan Penanggulangan DBD 2024

Tulungagung,- Dengan meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Tulungagung serta guna antisipasi penyebaran penularan DHF akibat mobilitas masyarakat pada saat lebaran, dilaksanakan rakor persiapan penanggulangan DBD di wilayah Kabupaten Tulungagung pada Sabtu (6/4/2024) di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Rakor dipimpin oleh Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala Dinas Kesehatan, OPD terkait serta Forkopimcam se-Kabupaten Tulungagung.

Dalam rakor ini dipaparkan bahwa pelaksanaan operasi penanggulangan DBD dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap monev.

Pelaksanaan penanggulangan DBD akan dilakukan secara serentak pada Senin (8/4/2024) di seluruh desa se-Kabupaten Tulungagung dengan melakukan aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3 M Plus yaitu menguras kamar mandi, mengeringkan pot/ornamen yang dapat menampung air, mengubur kaleng bekas dan benda-benda lain yg sudah tidak berguna serta pemberian abatesasi untuk kamar mandi yang berupa kolah.

Pelaksana kegiatan adalah warga masyarakat dibantu relawan dan disupervisi oleh Aparat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Perawat Desa serta Bidan Desa.

Adapun Monev akan dilaksanakan oleh Supervisor serta pelaporan kegiatan oleh Tenaga Kesehatan desa berjenjang hingga ke tingkat Kabupaten.(Ft)

BACA JUGA:  Jasa Raharja Sulsel Gencar Sosialisasi Relaksasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Laksanakan Kunjungan Pasien di RSUD Bantaeng

Mungkin Anda juga menyukai