Gerak Cepat Antisipasi DBD, Pemdes Plandaan Lakukan Fogging Mandiri

Tulungagung,- Musim penghujan yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Tulungagung menjadi perhatian masyarakat untuk mewaspadai datangnya sejumlah penyakit, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD, Pemerintah Desa (Pemdes) Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung berupaya melakukan pengasapan/Fogging di perumahan warga.

Saat ditemui, Jum’at (19/4/2024), kepala desa Plandaan, Fauzi Surahmad menuturkan bahwa kegiatan ini murni dilakukan secara mandiri oleh Pemdes Plandaan.
“Dalam rangka cegah dini atau memutus penyebaran penyakit demam berdarah. Tindakan pengasapan untuk membunuh nyamuk secara luas,” tutur Fauzi Surahmad.

“Di musim penghujan seperti sekarang ini banyak genangan air dilingkungan warga, sehingga dikhawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah,” ungkapnya.

Lanjut Fauzi Surahmad, Pemerintah Desa Plandaan sebelum melaksanakan fogging pihaknya memberikan edukasi terlebih dahulu kepada warga.
“Jadi kita edukasi dahulu, terus kita adakan kerja bakti baru lanjut fogging untuk memutus mata rantai perkembagan nyamuk aedes aegypti,” terangnya.
“Semua kita libatkan, bahkan kader PPKM semenjak Covid-19 sampai saat ini masih kita libatkan,” lanjut Fauzi Surahmad.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya warga desa Plandaan untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilingkungan sekitar dengan menerapkan 3M Plus.

“Menjaga kebersihan lingkungan, sangatlah penting, kebersihan lingkungan bisa dimulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan bermasyarakat agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berasal dari nyamuk atau DBD,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pengasapan/fogging tersebut kepala desa Plandaan langsung terjun melakulan pengasapan bersama Bidan Desa, Perawat, Kader Jumantik.(Ft)

BACA JUGA:  Sampaikan Pesan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Aipda Ariandi Sambangi Warga

Mungkin Anda juga menyukai