Wujud Syukur Panen Melimpah, Pemdes Krosok Gelar Ritual Methik Pari

Tulungagung,- Bagi para petani salah satu momentum yang paling ditunggu yakni saat musim panen tiba. Berbagai persiapan dilakukan oleh para petani untuk menyambut masa panen.

Seperti halnya di desa Krosok kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung yang menggelar ritual khusus sebelum memulai panen padi. Ritual tersebut biasa disebut dengan Methik Pari.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa Krosok di lapangan desa setempat tersebut dihadiri oleh Camat Sendang, Kepala Desa Krosok beserta perangkat, BPP Sendang, Tokoh Masyarakat, Lembaga desa serta masyarakat desa Krosok pada Sabtu (20/4/2024).

Kepala desa Krosok, Susanto, S.A.P mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan.

“Kegiatan ini dianggarkan dari dana desa tahun 2024 dan rutin diadakan setiap tahun, sebagai wujud syukur atas panen yang melimpah,” ucapnya.

Selain mensyukuri panen berlimpah, tradisi metik pari juga bertujuan melestarikan budaya leluhur dan mengeratkan kerukunan antar masyarakat.

“Kegiatan ini juga nguri-uri budaya oleh masyarakat desa kami. Ke depan supaya tanaman selamat dari hama, panen melimpah, berkah dan menyatukan silaturahmi masyarakat,” ungkapnya.

Susanto mengungkapkan apresiasi atas komitmen dan antusias warga desa Krosok dalam nguri-nguri budaya Jawa tersebut.

Pihaknya berharap tradisi ini terus lestari dan mampu membawa keberkahan dan kemakmuran bagi masyarakat desa Krosok.

“Budaya methik pari ini sudah ada sejak dulu, dengan methik pari ini semoga masyarakat desa Krosok semakin rukun, makmur, ayem tentrem dan panen melimpah ruah,” pungkasnya.(Ft)

BACA JUGA:  Wujudkan Situasi Kondusif Selama Bulan Suci Ramadhan,Polsek Pulau Sembilang

Mungkin Anda juga menyukai