Hadapi Nataru Disperindag Tulungagung Lakukan Pengawasan di SPBU

Tulungagung,- Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Tulungagung akan melakukan pengawasan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah kabupaten Tulungagung.

Kepala Disperindag kabupaten Tulungagung Tri Hariyadi melalui Kabid Kemetrologian M. Salman Huda, ST. MM mengatakan akan melakukan pengawasan di sejumlah SPBU yang utamanya berada di tepi jalan provinsi.
“Tujuan kita untuk melindungi masyarakat, terkait dengan perlindungan konsumen. Seberapa tepat penjualan BBM itu kepada masyarakat,” ucap Salman, Selasa (19/12).

“Pengecekan SPBU tersebut meliputi diwilayah kecamatan Tulungagung, Boyolangu, Campurdarat, Ngunut, Rejotangan, hampir semua yang berada dipinggir jalan provinsi sudah kita lakukan

Lanjut Salman, dari hasil pengawasan dan pengecekan rata-rata sesuai dengan standart aturan yang ada.
“Hasilnya sesuai dengan standart dari kita, jadi tidak merugikan masyarakat,” ungkapnya.

Bidang Kemetrologian Disperindag kabupaten Tulungagung melakukan pengawasan dalam kurun waktu satu tahun minimal 2 kali.

“Bulan Mei dan Juni kita lakukan pengawasan, dan akhir tahun terkait Nataru,” kata Salman.

Hal ini bertujuan supaya penjualan BBM yang dilakukan oleh SPBU selalu tepat, tidak ada penyimpangan.

“Kegiatan ada 2, tera dan tera ulang serta pengawasan. Kalau tera dan tera ulang kita setiap hari melayani masyarakat, mulai dari pedagang, petani ikan yang menggunakan timbangan untuk transaksi, termasuk SPBU, perusahaan-perusahaan yang menggunakan jembatan timbang. Sedangkan tera ulang harus sesuai prosedur ada pengajuan, kalau pengawasan setiap saat sistemnya sidak,” papar Salman lebih lanjut.

Salman berharap dengan adanya pengawasan ini dapat melindungi konsumen.(Ft)

BACA JUGA:  Truk Trailer Sumbu III Dilarang Beroperasi di Kabupaten Gowa

Mungkin Anda juga menyukai