Jaga Kelestarian Alam, Kodim 1615/Lotim dan Masyarakat Bersihkan Pantai dan Pasar Tanjung Luar

Lombok Timur – Ratusan personel Kodim 1615/Lotim bersama dengan komponen masyarakat menggelar aksi bersih-bersih Pantai Kampung Koko Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur, Jumat (22/12/2023).

Tidak itu saja, kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk pembersihan Pasar Tanjung Luar desa setempat. Tampak pasukan loreng TNI kompak dalam kebersamaannya dengan masyarakat mengangkat sampah di sekitar pantai maupun pasar dan menaikan tanah lumpur dari selokan di Pasar Tanjung Luar.

Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro yang ikut dalam aksi bersih-bersih itu memberikan apresiasi atas semangat kebersamaan warga dengan anggotanya yang mengais sampah dan lumpur untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dijelaskannya, aksi bersih-bersih ini dilakukan karena pada Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI” sehingga seluruh jajaran TNI AD termasuk Kodim 1615/Lotim terus melakukan langkah-langkah positif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dan alam.

“Kegiatan bersih-bersih ini kalau dalam pertandingan sepak bola itu ada kick off. Jadi ini adalah kick off sebagai langkah atau tindakan awal dalam memulai sebuah tindakan yang lebih besar untuk menjaga kelestarian alam yang dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita,” papar Bayu Sigit.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tema Hari Juang Kartika itu jika dicermati memilki makna yang sangat mendalam untuk mengajak kita bersama peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Kita ketahui bersama, sambungnya, menjaga kebersihan pantai berarti kita juga menjaga ekosistem biota laut yang secara tidak langsung juga akan memberikan manfaat bagi manusia itu sendiri.

“Mari kita mulai membangun kesadaran diri sendiri akan pentingnya menjaga kelestarian alam yang dimulai dari lingkungan tempat tinggal yang bersih maka lingkungan yang lebih luas pasti akan bersih dan sehat,” seru Dandim 1615/Lotim.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai