Jum’at Curhat Polres Sanggau Bersama Jurnalis Di Kabupaten Sanggau

Pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2023, sekira jam 08.30 WIB, bertempat di Warung Kopi Menyadik, Jln. Jend. A. Yani Kelurahan Ilir Kota,Kecamatan Kapuas,Kabupaten Sanggau,telah dilaksanakan kegiatan Jum’at Curhat Polres Sanggau bersama Jurnalis dan Pewarta di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Sanggau KOMPOL YAFET EFRAIM PATABANG, S.H., S.I.K., diikuti oleh PJU Polres Sanggau, dihadiri oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten. Sanggau SUHARDI,Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalbar MUHAMMAD KUSYAIRI, Pewarta dan Wartawan dari berbagai media antara lain,” saudara HERI,saudara PERU,BOBIRIANTO, HERIYANTO, WAHYU,SUTRISNO,DERMANSYAH, JULIANUS RATNO.dan beberapa lainya yang tidak di sebutkan nama nya.

Susunan acara, sebagai berikut,
Pembukaan oleh Kasat Binmas Polres Sanggau,
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kita dapat berkumpul dalam kegiatan Jum’at Curhat Polres Sanggau.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program Cooling System dalam situasi menghadapi Pemilu 2023-2024 mengantisipasi terjadinya Gangguan Kamtibmas yang dapat menggangu pelaksanaan Pemilu.

Dalam kegiatan ini Polres Sanggau menerima kritik, saran, dan masukan dari rekan-rekan Wartawan dan Pewarta yang hadir dalam kegiatan ini.

Selanjutnya kami serahkan kepada bapak Wakapolres untuk memimpin kegiatan ini.

Kata Sambutan Wakapolres Sanggau, sebagai berikut,Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kita dapat berkumpul dalam kegiatan Jum’at Curhat Polres Sanggau.Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan Jum’at Curhat, kegiatan ini adalah Program Kapolri, dan dilaksanakan setiap hari Jum’at oleh seluruh jajaran Kepolisian.
Tujuan kegiatan berinteraksi dengan masyarakat untuk menerima kritik, masukan, saran atau hal-hal yang perlu dievaluasi oleh Polri.
Terimakasih atas kehadiran, dan kesediaan meluangkan waktunya, Wartawan dan Pewarta sebagai penyambung informasi hal-hal positif kepada masyarakat tutur Wakapolres.

Kami sampaikan juga bahwa Situasi Polres Sanggau dalam keadaan aman dan kondusif.
Beberapa minggu yang lalu terjadi kejadian menonjol terhadap  Pembunuhan di wilayah Kecamatan. Kembayan,dan Polres Sanggau Sukses mengamankan Tersangka dan saat ini melakukan penyidikan tuntas terhadap tersangka tegas Wakapolres.

Kabupaten Sanggau adalah salah satu wilayah di Kalbar yang kondusif
Saat ini Polri dan Polres Sanggau sedang melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian antara lain Ops Mantap Brata Kapuas 2023-2024, Ops Lilin Kapuas 2023 dan Ops Aman Cemara Kapuas 2023.

Kami sampaikan bahwa Ops Lilin Kapuas 2023 melibatkan 105 personil, dilaksanakan sampai dengan tanggal 2 Januari 2024, Polres Sanggau telah membuat Pos Pengamanan dan Pos Terpadu di wilayah kab. Sanggau Sanggau.
Ops Mantap Brata Kapuas 2023-2024 dilaksanakan untuk pengamanan Pemilu Tahun 2024, sasaran kegiatan pada setiap Tahapan Pemilu.
Bahwa arus lalu lintas di wilayah Kabm Sanggau masih lancar, namun perlu diingat bahwa angka kejadian Laka Lantas tertinggi di Wilkum Polda Kalbar adalah di Kab. Sanggau, ini perlu menjadi perhatian dalam Ops Lilin Kapuas 2023, agar juga hal ini disampaikan kepada masyarakat melalu media sehingga masyarakat dapat berhati-hati dalam mudik dan balik Nataru.

Silahkan sampaikan informasi, kritik atau saran kepada kami, akan kami tampung dan Tindaklanjuti.
Sesi Dialog dan Tanya Jawab sebagai berikut.

Kritik, Saran, masukan, dan pertanyaan,”Menyampaikan keluhan masyarakat terkait penggunaan kenalpot Racing atau Kenalpot Brong.

Terlihat akhir~akhir ini dalam melaksanakan tugas, anggota Polisi sambil memegang handphone tengah, seharusnya Polisi memberi contoh dan tentunya siap siaga dalam melaksanakan tugas.

Laka lantas di Kabupaten Sanggau sangat tinggi, khususnya terjadi di wilayah Kecamatan Tayan Hilir, menyampaikan informasi bahwa banyak masyarakat yang mengeluhkan pedagang dan pelintas yang parkir di tengah Jembatan Kapuas Tayan, beberapa kali terjadi laka lantas dengan fatalitas tinggi sampai meninggal dunia, kemudian ada transportir CPO ratusan unit setiap hari melintas di wilayah Kecamatan Tayan Hilir, seharusnya ada pengaturan jam operasional.

Adanya keluhan masyarakat terkait bahan bakar jenis di Pertalite di SPBU yang terpantau saat ini telah terjadi antrian panjang, adanya informasi bahwa di dalam kota ada terjadi penimbunan BBM, adanya spekulan Bapokting, mohon segera ditindaklanjuti.

Maraknya Penyewaan Sepeda listrik dan pemilik usaha tidak mengawasi karena anak-anak yang menyewa kendaraan listrik sudah menggunakan jalur di jalan raya, hal ini sangat membahayakan.

Tanggapan dan Jawaban, sebagai berikut buat Wakapolres Sanggau,”
Terkait Penggunaan Kenalpot Racing akan kami tindak lanjuti, sebelumnya Bapak Kapolres Sanggau turun langsung melakukan Penertiban, segera kami tindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan Penertiban.

Terkait dengan penggunaan handphone saat melaksanakan tugas, kami berterima kasih atas saran dan masukannya, penggunaan HP tersebut terkait kewajiban anggota Polres Sanggau untuk melaporkan kegiatan melalui aplikasi SOT, aplikasi tersebut dengan fitur Foto Realtime dan keterangan Laporan dari masing-masing anggota, namun walaupun menggunakan aplikasi tersebut sudah seharusnya anggota Polri meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas.

Terkait arus lintas kendaraan CPO di jalan dalam kota Kec. Tayan Hilir dan adanya para pedagang di Jembatan Kapuas Tayan, Polres Sanggau akan menyampaikan kepada pihak perusahaan transportir untuk memberikan intruksi kepada para supir agar tidak laju dalam membawa kendaraan angkutan CPO dan melalui Polsek Tayan Hilir akan melakukan pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan yang rawan laka lantas, begitu juga di jembatan Kapuas Tayan, memerintahkan kepada Poldek Tayan Hilir untuk melaksanakan kegiatan Preemtif dan Preventif menghimbau para pedagang untum tidak berjualan di jembatan.

Terkait kelangkaan BBM Pertalite sudah dikonfirmasi bahwa terjadi akibat keterlambatan distribusi namun tetap akan ditindaklanjuti informasi ini sehingga dipastikan tidak ada hal lain yang menjadi penyebab kelangkaan dan antrian panjang Pertalite, untuk informasi adanya penimbunan BBM dan Bapokting melalui Satintelkam dan Satreskrim akan melakukan penyelidikan.

Penggunaan sepeda listrik di jalan dilarang, Satlantas sudah melakukan himbauan kepada pemilik usaha sewa sepeda listrik.

Sekira Jam 09.45 WIB kegiatan selesai dilaksanakan, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif.

Kegiatan Jum’at Curhat dilaksanakan untuk mendengarkan keluhan dan menyerap aspirasi, kriti,saran,masukan,informasi terkait Kamtibmas, dan sebagai wadah silaturahmi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.berita hasil rilis Kasi Humas Polres Sanggau.
Koordinator SHI.COM Kalbar,”Rustan.”

Mungkin Anda juga menyukai