Lantik 362 Siswa Diktukba Polri, Kapolda Kalbar: Bekali Kemampuan Diri Dengan Terus Belajar

SINGKAWANG, POLDA KALBAR – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., melantik sebanyak 362 Bintara remaja Polri yang telah mengikuti Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang II tahun 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dirangkai dalam upacara penutupan Diktuba Polri gelombang kedua tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan di SPN Polda Kalbar, Kamis (21/12).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., seluruh Pejabat Utama Polda Kalbar serta instansi terkait.

Terdapat 3 Bintara Polri yang berprestasi antara lain, Peringkat terbaik Akademik yaitu Bayu Jakkobus Simorangkir, Peringkat terbaik Mental Kepribadian yaitu Ahmad Wahyudi dan Peringkat terbaik Kesehatan dan Kesjas yaitu Fuad Tajuludzma.

Pada kegiatan itu, Kapolda Kalbar membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 15.419 orang.

Jumlah ini terdiri dari 14.771 polisi laki-laki dan 648 polisi wanita. Jumlah tersebut terbagi ke dalam 13.226 bintara polisi tugas umum, 500 bintara brimob, 100 bintara polair, 1.497 tamtama brimob dan 96 tamtama polair.

Tugas Polri kedepan akan semakin berat dan kompleks. kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang sangat pesat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dinamika politik menjelang penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 yang pentahapannya sudah dimulai pada tahun ini.

Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada situasi kamtibmas di seluruh wilayah indonesia, terutama pada semakin berkembangnya dimensi kejahatan yang semakin canggih dengan modus dan pola yang baru.

BACA JUGA:  Ketahuan ART Main ituan dengan Suami Pengusaha Sukses 

Menyikapi hal tersebut, Polri dituntut untuk melakukan langkah-langkah proaktif, melalui berbagai upaya preemtif, preventif, maupun penegakan hukum. sehingga kamtibmas dapat terus terjaga serta masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari.

Saudara-saudari merupakan garda terdepan pelaksanaan tugas polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan. Oleh sebab itu saya berharap saudara mampu memenuhi harapan masyarakat, dengan berorientasi tugas kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia serta mengawal proses demokrasi.

Dilain itu, Kapolda Kalbar berpesan kepada seluruh bintara remaja Polri untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas.

“Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan bhayangkara,” jelasnya.

Lanjutnya, pahami dengan baik dan laksanakan tugas yang diemban dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan dan tanggung jawab.

Irjen Pipit menekankan agar terus bekali kemampuan dengan belajar, dan terus belajar. Karena sejatinya hidup itu merupakan pembelajaran yang panjang dan tidak pernah berhenti (Life Long Learning).

Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi Polri, maupun pelanggaran pidana;

“Bangun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif,” tutup Kapolda Kalbar.
Koordinator SHI.COM Kalbar,”Rustan.”

Mungkin Anda juga menyukai