Kerjasama Lestarikan Alam Polda NTB Bersama Unram Tanam Mangrove di KEK Mandalika

LOMBOK TENGAH NTB – Kapolda NTB IRJEN POL Drs. Raden Umar Faroq,SH, M.Hum. melaksanakan penanaman pohon mangrove di Pantai Gapuk Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan Wilayah Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), Sabtu (20/01/2024).

Penanaman pohon mangrove ini merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Mataram dengan Polda NTB dalam rangka memperingati Dies Natalis ke – 57 Fakultas Pertanian Unram Mataram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M. Agr. St., Ph. D yang didampingi para wakil rektor serta para mahasiswa, Kapolres Lombok Tengah, serta tokoh masyarakat setempat.

“Ini merupakan pengabdian masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Mataram yang melaksanakan penanaman 2000 bibit pohon mangrove dalam rangka Dies Natalis ke – 57 fakultas Pertanian Universitas Mataram,” ujar IRJEN POL Drs. Raden Umar Faroq,SH, M.Hum selepas penanaman mangrove, di Pantai Gerupuk.

Menurut Pria Jenderal Bintang dua ini, kegiatan penanaman pohon Mangrove merupakan suatau kegiatan yang positif karena dapat mendukung untuk agro wisata selain sebagai langkah pencegahan abrasi di kawasan pantai Gerupuk Kecamatan Pujut.

“Kegiatan sederhana ini sangat baik bagi mahasiswa dan merupakan rangkaian KKN fakultas Pertanian Universitas Mataram, ini juga merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Mataram dengan Polda NTB,” terangnya.

Lanjutnya kegiatan positif seperti ini akan menjadi contoh bagi komunitas atau kelompok pemerhati lingkungan serta masyarakat setempat untuk tergerak melakukan berbagai upaya dalam menjaga dan memelihara lingkungan pantai.

“Mangrove ini kedepan akan menjadi penjaga dan pembatas serta benteng daratan dari gelombang air laut sehingga dapat mencegah naik ke daratan pantai,”ucapnya.

BACA JUGA:  Operasi Ketupat Kapuas 2024 Berakhir, Kabid Humas Polda Kalbar Ungkapkan Hasilnya

Kapolda NTB berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh generasi ke generasi sehingga akan terlihat manfaatnya di masa-masa yang akan datang.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai