Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi MUHAMMAD SAW 1445 H / 2024 M dan Do’a Bersama Untuk Pemilu 2024 Aman Dan Damai

Polda Kalbar, Polres Sanggau ~ Pada hari Senin tanggal 5 Februari 2024 sekira jam 10.00 WIB bertempat di Masjid Al-Hikmah Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi MUHAMMAD SAW 1445 H / 2024 M dan Do’a Bersama untuk Pemilu 2024 Aman dan Damai dengan Tema “Hikmah Isra’ Mi’raj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu 2024 Damai”.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Sanggau, AKBP SUPARNO AGUS CANDRA KUSUMAH, S.H. S.I.K. bersama Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau Ny. TAMY SUPARNO,di dampingi Ustadz BAROKAH, S.Pdi. (Penceramah), PJU Polres Sanggau, para Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Perwira staf, Personil Polres Sanggau dan ketua cabang Bhayangkari yang beragama Islam.

Susunan acara dalam kegiatan peringatan Isra Mi’raj,sangat hikmah,dan di lanjutkan pembukaan dengan Pembacaan Ayat Suci Setelah selesai pembacaan ayat-ayat suci maka acara di lanjutkan kata,” Sambutan Kapolres Sanggau,AKBP SUPARNO AGUS CANDRA KUSUMAH, S.H. S.I.K.

Penyampaian Taushiyah / Ceramah,dan Do’a.

Beberapa sambutan Kapolres Sanggau,” mengucapankan banyak terimakasih kepada Ustadz BAROKAH, S.Pdi., yang telah hadir di Masjid Al-Hikmah Polres Sanggau yang kita cintai ini untuk memberikan Tausiyah dan ucapan terimakasih kepada para Personil Polres Sanggau yang telah berantusias untuk hadir dalam kegiatan di Masjid Al-Hikmah Polres Sanggau tuturnya.

Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah peristiwa yang sangat penting bagi kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW karena pada peristiwa Isra’ Mi’raj lah Nabi Muhammad SAW menerima perintah Sholat dari Allah SWT.

Mari kita tingkatkan ibadah sholat kita karena sholat lah amalan yang paling pertama diterima disisi Allah SWT ketika kita sudah berada di akhirat nanti.

Selanjutnya mari kita bersama-sama dengarkan tausiyah dari Ustadz BAROKAH, S.Pdi., dengan serius agar apa-apa yang beliau sampaikan dapat kita cermati dan pedomani dalam pelaksanaan tugas serta dalam kehidupan sehari-hari.

Penyampaian Taushiyah dalam pelaksanaan ,
Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena mengisahkan perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu, peristiwa Isra’ Mi’raj adalah dua perjalanan Nabi Muhammad SAW yang terjadi dalam satu malam, Umat Islam memperingati Isra Miraj setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriah.
Dalam bahasa Arab, Isra’ berarti perjalanan di malam hari, sementara Mi’raj adalah kenaikan.

Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Kemudian Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Isra’ Mi’raj kerap dimaknai sebagai perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dalam satu peristiwa. Akan tetapi, Isra’ dan Mi’raj sebenarnya terdiri dari dua bagian perjalanan Nabi Muhammad SAW, yaitu Isra’ – Mi’raj.”

Peristiwa Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Kabah di Mekkah ke Masjid Al Aqsa yang berada di Yerusalem. Saat itu, perjalanan dari Kabah ke Masjid Al Aqsa dapat ditempuh dengan kuda atau unta selama satu bulan. Namun, Nabi Muhammad SAW dapat menempuh perjalanan tersebut hanya dalam satu bulan. Di perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW mengendarai hewan bernama Buraq. Buraq digambarkan memiliki tubuh seperti kuda putih dengan sayap dan ekor burung merak. Sesampainya di Masjid Al Aqsa, Nabi Muhammad SAW dikisahkan memimpin para nabi terdahulu untuk melaksanakan ibadah salat dua rakaat (2) Peristiwa Mi’raj.”

Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjid Al Aqsa menujut ke langit ketujuh atau Sidratul Muthana. Di tiap tingkatan langit tersebut, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi-nabi terdahulu. Nabi-nabi tersebut di antaranya: Nabi Adam di langit pertama. Nabi Isa dan Yahya di langit kedua. Nabi Yusuf di langit ketiga. Nabi Idris di langit keempat. Nabi Harun di langit kelima. Nabi Musa di langit keenam. Nabi Ibrahim di langit ketujuh. Sejak kedua peristiwa tersebut, umat Islam diwajibkan menjalankan salat lima waktu dalam sehari. Pada mulanya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat sebanyak 50 kali dalam sehari.

Sama dengan Halnya kita kalau kita dapat menjalankan pekerjaan kita dengan baik maka, tentunya akan meninggalkan cerita atau kisah-kisah yang baik di mata orang banyak atau masyarakat.

Dengan terlaksananya peringatan Isra Mi’raj Nabi MUHAMMAD SAW 1445 Hijriah dapat meningkatkan keimanan kita semua dalam beribadah kepada ALLAH SWT, Agar senantiasa selalu bersyukur atas nikmat Iman, Islam, Kesehatan serta Rezeki yang telah ALLAH SWT berikan serta Semoga Polri semakin dicintai Masyarakat, tetap amanah dalam bekerja dan melayani masyarakat sehingga menjadi ladang amal bagi semuanya.

Pelaksanaan kegiatan di Masjid Al-Hikmah Polres Sanggau dalam rangka Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi MUHAMMAD SAW 1445 H / 2024 M dan Do’a Bersama untuk Pemilu 2024 Aman dan Damai serta sebagai bentuk pembinaan rohani dan mental terhadap Personil Polres Sanggau dalam meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif tegas kasi humas polres Sanggau.”
Koordinator Liputan SHI com Kalbar, Rustan Batas.”

Mungkin Anda juga menyukai