Sinergi TNI, Mahasiswa, dan Masyarakat Bersihkan Pantai dari Polusi Plastik.

WOHA BIMA NTB – Peduli Lingkungan Danramil 1608-04/Woha memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan wisata pantai Kelaki Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Provinsi NTB pada Rabu (20/3/2024).

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain,” kata Danramil 1608-04/Woha, Lettu Inf Bambang Irawan.

Danramil Woha menegaskan bahwa upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya dilakukan secara parsial dan pada saat ini saja. Harapannya, kegiatan ini terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

Di tempat lain, Komandan Kodim 1608/Bima, Letkol Inf Andi Lulianto S.Kom, menyampaikan bahwa sekitar 80% sampah yang mencemari pesisir dan laut berasal dari daratan, khususnya sampah plastik.

“Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh dari hulu ke hilir, dengan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif,” ujar Komandan Kodim 1608/Bima.

Harapan bagi generasi muda, khususnya mahasiswa dari Poltekkes Mataram, adalah agar mereka terus memperkokoh kesadaran akan pentingnya peduli terhadap lingkungan dan cinta terhadap tanah air. Melalui pendidikan, penelitian, dan aksi nyata seperti kegiatan bersih pantai, diharapkan generasi muda ini dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam menjaga kelestarian alam dan memperkuat rasa bangga terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi lintas sektor, mereka dapat membawa perubahan positif bagi masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera bagi negeri ini.

BACA JUGA:  Jasa Raharja Sulsel Sosialisasikan Program Relaksasi Denda serta Keselamatan Berkendara di SMP Negeri 4 Gowa

Mungkin Anda juga menyukai