DPRD Tulungagunh Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2023

Tulungagung, – Bertempat di Graha Wicaksana lantai II gedung DPRD Tulungagung, pada Kamis (28/3/2024). DPRD Kabupaten Tulungagung Menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Perubahan Propemperda Tahun 2024 dan Penandatanganan Berita Acara juga Penyerahan LKPJ Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2023.

Rapat dipimpin oleh ketua DPRD Tulungagung Marsono,S.Sos., dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, dan anggota DPRD Kabupaten Tulungagung. Hadir juga Pj Bupati Heru Suseno, Sekretaris Daerah Drs. Tri Hariadi,M.Si., beserta jajaran Asisten, Staf Ahli, para Camat se-Kabupaten Tulungagung dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, menyampaikan, rapat paripurna yang dilaksanakan hari ini berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada Rabu, 20 Maret 2024.

Selain itu lanjut Marsono, dalam rapat paripurna tersebut juga diumumkan keanggotaan pansus untuk membahas sejumlah Ranperda pada masa sidang II tahun V (periode Januari – April 2024).

Pansus I akan membahas Ranperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

Pansus II akan membahas tentang perubahan kedua atas Perda nomor 6 tahun 2011 tentang Ketahanan Pangan dan Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 13 tahun 2016 tentang Bagian Desa dari Hasil Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Pansus III akan membahas tentang sistem kesehatan daerah dan Ranperda tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan Pansus IV akan membahas Ranperda tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2025-2045.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, menekankan, penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung tahun 2023, adalah proses dari sebuah pemerintahan di setiap akhir masa anggaran, dimana dalam laporan LKPJ, disampaikan capaian Pemkab Tulungagung selama setahun yang lalu.

BACA JUGA:  Jasa Raharja Sulsel Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Samsat Gowa

“Ini kan bagian dari pemerintahan, setiap akhir masa anggaran, selalu ada laporan LKPJ seperti ini,” ungkapnya.

Menurut Heru, secara umum ada banyak peningkatan yang disampaikan dalam LKPJ tersebut. Termasuk indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tulungagung yang mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Termasuk capaian 0 persen miskin ekstrim yang bisa dicatatkan oleh Pemkab Tulungagung. Kendati ada juga kebutuhan infrastruktur dasar bagi desa-desa di Tulungagung yang belum sepenuhnya bisa terpenuhi.

“Dewan punya waktu satu bulan untuk meneliti dan mendalami LKPJ yang disampaikan. Walaupun memang ada banyak capaian, namun ada juga hal-hal yang harus ditingkatkan oleh pemkab, termasuk infrastruktur dasar tadi,” kata Heru.

“Harapannya dengan ranperda-ranperda tersebut dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung,” pungkasnya.(Ft)

Mungkin Anda juga menyukai