Ujian Tertulis buat Calkades yang Intelektual

TAKALAR,- Aktif panitia seleksi peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 memberikan tambahan ujian tertulis bagi desa yang memiliki peserta lebih dari lima kandidat Kades, berlangsung di SMPN 2 Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (07/11/2022) pagi.

Seleksi tambahan diberikan berupa ujian tertulis yang soal-soalnya berasal dari tim Independen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Total yang diikutkan dalam ujian tertulis sebanyak 147 orang dari 19 desa peserta Pilkades yang memiliki jumlah pendaftar Calon Kepala Desa (Calkades) lebih dari lima orang.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), H. Muhammad Hasbi, S.Stp.l, M.Ap mengatakan, ujian tertulis ini adalah hal yang baru dan harus dihadapi oleh semua Bakal Calon (Balon) Kades.

“Ujian tertulis ini membutuhkan intelektual dan pengetahuan. Bukan hanya kemampuan diplomasi, tetapi intelektual para balon cakades yang diuji. Mampu berdiplomasi belum tentu mampu menjawab soal-soal ujian dan nantinya akan ada yang tereliminasi hingga tersaring sisa 5 orang calon,” ujar Hasbi.

H. Hasbi berharap, seluruh tahapan Pilkades serentak ini berlangsung aman dan damai seperti pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 lalu.

Jika ada yang merasa tidak puas kata Sekda Takalar, maka dipersilahkan untuk melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Oknum yang merasa kecewa kami beri ruang untuk menuntut Pemkab Takalar di PTUN Itu kami anggap sebagai protes yang lebih terhormat dan bertanggung jawab dibandingkan harus melakukan aksi-aksi yang tidak terpuji,” imbuh Hasbi.

SekkabTakalar menjamin transparansi panitia dalam ujian tertulis ini, adapun soal-soal yang diujikan berasal dari tim independen IPDN dan baru dibuka ketika ujian tertulis akan dimulai dihadapan peserta ujian.

BACA JUGA:  Jasa Raharja Sulsel Gelar Seminar Safety Riding di UMI Bersama Honda Astra Motor 

Nantinya skor hasil penilaian berkas-berkas calon akan ditambahkan dengan skor hasil ujian tertulis yang diikuti oleh peserta.

Dari total jumlah tersebutlah, akan ditentukan bakal calon yang berhak menjadi peserta Pilkades serentak tahun 2022 tingkat kabupaten Takalar.

Pelaksanaan Pilkades serentak sendiri akan dijadwalkan berlangsung pada 4 Desember 2022 mendatang. Total 37 desa akan mengikuti perhelatan pesta demokrasi tingkat desa tersebut. (Humas Pemkab Takalar/Abels)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *