Harus Dipisahkan Antara TPPO Dengan PMI Ilegal,Contoh Kasus Disulsel

Sulawesi Selatan ~ apa yang terjadi di Sulawesi Selatan adalah penangkapan terduga tindak pidana perdagangan orang, (TPPO),”namun kenyataannya belum ada yang terjadi di Sulawesi Selatan perdagangan orang namun yang terjadi adalah calon Tenaga Kerja migran Indonesia, ( CTKMI),”yang secara ilegal berangkat dengan sendiri-sendirinya oleh karena adanya panggilan dengan keluarganya yang bekerja di ladang sawit Sarawak Malaysia itu bukan tindak pidana perdagangan orang,(TPPO),”namun secara ilegal berangkat,”secara mandiri atau perorangan,tutur Dahlan Sapa.

Kami berharap kepada pemerintah provinsi Sulawesi Selatan agar adanya penyuluhan terhadap pengurus pekerja migran Indonesia yang ada di seluruh kabupaten dan kota.
Ini perlu dilakukan secara pembinaan atau secara pemanggilan oleh Disnaker provinsi Sulawesi Selatan memberikan penyuluhan terhadap calon pekerja migran Indonesia yang khususnya tujuan Serawak Malaysia.
berbeda.
PMI ilegal adalah orang yang berangkat bekerja ke luar negeri secara tidak sah atau tidak sesuai perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Sementara TPPO menurut Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2007 adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi bukan kejahatan perdagangan orang.

Yang sekarang menjadi tersangka di Polda Sulsel,” Di duga adalah pelaku tindak pidana perdagangan orang.
Apakah itu memang benar yang dilakukan oleh pelaku adalah perdangan orang….?
Pihak keluarga tersangka meminta ditinjau tentang yang di sangkakan pelaku.”

BACA JUGA:  Palembang Tuan Rumah Rapimnas PWDPI dan Jambore Nasional UMKM 2023

Lalu mengapa banyak PMI berangkat secara ilegal, jumlahnya bahkan sampai jutaan orang?Ibarat orang ke luar rumah, jumlah orang yang loncat pagar lebih banyak daripada lewat pintu yang benar?

Biasanya, mereka “loncat pagar” karena sistem yang salah. Dalam dunia ilmiah dikenal istilah GIGO, garbage in garbage out. Kualitas output dipengaruhi secara langsung oleh kualitas input yang diberika.

Laporan ~ Ka,Biro,Sulawesi Selatan.

Mungkin Anda juga menyukai