Dahlan Sapa Pimpred: Mayoritas Pekerja Ladang Sawit Disarawak Malaysia Adalah Asal Dari Sulawesi Selatan

Miri – Serawak merupakan salah satu sentra perkebunan kelapa sawit di Malaysia. Tercatat, mayoritas pekerja kebun merupakan Warga Negara Indonesia (WNI),yang berasal dari Sulawesi Selatan, seperti di perusahaan Woodman Group.

Perusahaan kelapa sawit yang memiliki lahan seluas 40.000 hektar di Miri, Sarawak, Malaysia ini mempekerjakan sampai 8.000 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 80% merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Kita ada 7.000-8.000 pekerja. Mayoritas dari Indonesia yakni 80%, sisanya 20% dari Malaysia,” kata Managing Director Woodman Group, Dato Sri Law Kiu Kiong, di area perkebunan Woodman Group, Miri, Sarawak,

Menurut Managing Director Woodman Group Dato Sri Law Kiong, sangat sangat berterima kasih kepada pihak pemerintah Sulawesi Selatan karena rata-rata yang bekerja di ladang kami itu adalah orang Sulawesi Selatan.Kami sangat senang dengan keberadaan pekerja dari Sulawesi Selatan Mereka rajin dan tidak sering berbuat kacau atau gaduh tutur kepada jurnalisasi hukum Indonesia com.

Ada beberapa suku di sini ada Suku Makassar Bugis kami tak tahu bagaimana di Sulawesi Selatan kami tahunya saja dia dari Sulawesi Selatan Bugis dan Makassar mereka baik-baik sini kerja tegasnya

Laporan Jumardin,” Sarawak Malaysia.
[5/10 13.17] Dahlan Sapa Pimpred: Bandara Udara Internasional Supadio,Kalbar Mulai Ramai Kedatangan CPMI Dari Sulsel

Pontianak ~ beberapa hari ini Bandar Udara Internasional Supadio Kalimantan Barat Pontianak mulai ramai, kedatangan calon pekerja migran Indonesia ( CPMI), yang datang dari Sulawesi Selatan ingin bekerja ke Serawak Malaysia menurut pantauan jurnalis Saksi Hukum Indonesia com. Beberapa hari ini bandara internasional Supadio Pontianak. Ramai dikunjungi beberapa calon pekerja migran Indonesia dari Sulawesi Selatan kami memantau beberapa hari ini sangat ramai tidak seperti di waktu adanya tim dari Mabes Polri tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

BACA JUGA:  30 Ribu Paket Sembako dari Kapolri Diserahkan ke Persis Wilayah Jakarta, Banten dan Jabar

Berbeda dengan hari sebelumnya sangat sepi waktu di ketatnya operasi tim TPPO dari Mabes Polri.
Sekarang ini sudah banyak calon pekerja migran yang datang dari berbagai wilayah dan Kabupaten di Sulawesi Selatan khusus dari Kabupaten Bulukumba,Bantaeng,Sinjai,Jeneponto,Gowa,Bone,Soppeng.Sudah mulai berani berangkat ke perbatasan intikom menuju ke sarawang Malaysia.
Demi mencari kehidupan yang lebih baik menurut salah seorang yang ditemui tidak mau di sebutkan namanya,di bandara internasional Supadio Kalimantan Barat Pontianak
Kami tidak bisa hidup layak kalau cuma di kampung bekerja kalau di Sarawak di ladang sawit kami sedikit bisa ada kelebihan pendapatan dari pada di kampung sendiri. Kami bisa membangun rumah dan menyekolahkan anak kami tuturnya.

Laporan,” Rustam.” Pontianak

Mungkin Anda juga menyukai