Kodim 1615/Lotim Gelar Tradisi Kenaikan Pangkat, Ini Pesan Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Sebanyak 45 orang anggota Kodim 1615/Lotim hari ini dilantik menggunakan pangkat baru. Pelantikan kenaikan pangkat per 1 Oktober 2023 dipimpin langsung Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Selasa (10/10).

Dari 45 orang Prajurit tersebut, 2 diantaranya Perwira, 38 orang berpangkat Bintara dan 8 orang berpangkat Tamtama.

Sebelum acara pelantikan, para personel yang naik pangkat menjalani tradisi kenaikan pangkat yang sebelumnya tidak pernah dilakukan seperti penyiraman kembang, merayap di got, jalan jongkok, jungkir dan lompat gagak.

Komandan Kodim 1615/Lotim dalam sambutannya menyampaikan kenaikan pangkat merupakan hal yang luar biasa dan merupakan hak anggota yang diberikan oleh negara sebagai bentuk kesejahteraan kepada para Prajurit TNI.

Dijelaskannya, kenaikan pangkat normalnya setiap enam bulan sekali yakni periode 1 April dan 1 Oktober dan selain itu ada kenaikan pangkat luar biasa dan kenaikan pangkat penghargaan.

“Alhamdulillah periode 1 Oktober ini salah satu anggota kita ada yang kenaikan pangkat penghargaan yaitu Kapten Inf Hasan Basri, selamat kepada pak Hasan,” ujarnya disambut tepuk tangan peserta upacara.

Kenaikan pangkat penghargaan, sambung Bayu Sigit, diberikan kepada personel menjelang pensiun dengan ketentuan dan prosedur yang sudah ditentukan oleh pimpinan.

Bayu Sigit juga menegaskan kenaikan pangkat merupakan penghormatan dan penghargaan bagi personel yang memenuhi persyaratan yang berimplikasi pada kinerja disatuan khususnya terkait tugas dan tanggung jawab sesuai jabatan.

Untuk itu, ia berharap kinerja yang sudah dilakukan agar dipertahankan dan ditingkatkan dengan menunjukkan etos kerja yang maksimal di satuan sehingga kenaikan pangkat memberikan dampak positif bagi personel dan satuan.

Sedangkan Danramil 1615-05/Masbagik Kapten Inf Hasan Basri yang mendapat kenaikan pangkat penghargaan dari Letnan Satu menjadi Kapten mengungkapkan rasa syukur atas Kenaikan pangkat yang diperolehnya.

“Alhamdulillah menjelang pensiun, kami masih diperhatikan oleh negara melalui pimpinan kami di satuan, in syaa Allah ini sebagai modal bagi kami untuk terus berkarya dan dan berbuat meskipun nanti kami sudah pensiun dan kembali menjadi masyarakat biasa,” tutupnya.

KORLIP NTB

Mungkin Anda juga menyukai