HUT TNI ke 78, Dandim 1615/Lotim Resmikan Air Bersih Untuk Warga Desa Toya

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Peringatan HUT TNI tidak hanya dimeriahkan dengan lomba-lomba, namun juga dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Berkenaan dengan itu, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro melihat langsung hasil karya Babinsa Toya Koramil 1615-11/Aikmel Sertu Ayu Jayadi dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Dandim 1615/Lotim bersama rombongan tiba di lokasi kali wisata Loang Gali Dusun Montor Sugia Lauq Desa Toya Kecamatan Aikmel, Selasa (17/10).

Usai melihat hasil karya Babinsanya, Dandim 1615/Lotim dalam wawancaranya memberikan apresiasi atas upaya dan kinerja personelnya untuk masyarakat binaannya yang berada di Desa Toya Kecamatan Aikmel.

Menurutnya, ketersedian air bersih untuk masyarakat menjadi sebuah problem tersendiri terutama pada saat musim kemarau seperti sekarang. Selain itu, kurangnya pemahaman masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan air bersih dengan sumber air yang ada akan berdampak langsung terhadap masyarakat itu sendiri dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan laporan Babinsa dan Danramil Aikmel, sekitar 30 kepala keluarga yang akan memanfaatkan air ini selain santri Ponpes Al-Kautsar dan kuburan setempat sesuai dengan permintaan masyarakat.

Besar harapan Dandim 1615/Lotim terhadap pemanfaatan kincir air ini secara maksimal sebagai solusi bagi masyarakat di sekitar dalam mengatasi kesulitan air bersih karena airnya memang tetap mengalir sepanjang tahun dengan kondisi air yang sangat bersih dan bening.

Terpisah, Babinsa Toya Koramil 1615-11/Aikmel Sertu Ayu Jayadi menceritakan bahwa pembuatan kincir air terinspirasi dari youtube sehingga ia mencoba membuatnya dengan menyiapkan bahan seperti plat besi bekas yang dilas dan berbentuk baling-baling kincir air dengan ukuran sesuai kebutuhan, mesin air, pipa 1 inci, tali kipas mesin dan klenden dan percobaan tersebut ternyata membuahkan hasil.

BACA JUGA:  Polri Buka Pendaftaran Penerimaan Jalur Akpol, Bintara dan Tamtama Secara Gratis

“Alhamdulillah berhasil dan langsung kami pasang di lokasi, setelah itu penyambungan pipa untuk kita salurkan airnya ke bak penampungan atau tandon air,” ungkapnya.

Ayu Jayadi juga menyebutkan air sampai dengan saat ini baru bisa dialirkan ke tandon air milik Ponpes Al Kautsar Al Gontori dan ini nantinya akan diupayakan untuk bisa mengalir hingga ke warga karena airnya mengalir non stop 24 jam.

*Dandim 1615/Lotim dan Rombongan Tinjau Ponpes Al Kautsar Algontori*

Seusai mengecek kincir air, Komandan 1615/Lotim didampingi Pasiter Kapten Inf Agil dan Danramil 1615-11/Aikmel Kapten Inf Anowar mengunjungi Ponpes Al Kautsar Al Gontori yang berjarak sekitar 450 meter dari lokasi pembuatan kincir air.

Kehadiran Dandim 1615/Lotim bersama rombongan disambut pimpinan Ponpes KH. Muhammad Noor dan melihat langsung kondisi pondok pesantren. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Dandim 1615/Lotim untuk berinterkasi langsung dengan para santri Ponpes Al Kautsar Al Gontori.

Pimpinan Ponpes Al Kautsar Algontori KH. Muhammad Noor mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim beserta anggota atas bantuan air bersih yang disalurkan dari kali di bawah. Air bersih ini rencana akan digunakan sebagai air minum, mandi, cuci dan kakus para santri karena air bersih dan jernih dan mengalir 1 x 24 jam sehingga harus dibuatkan penampungan air yang lebih besar.

“Karena air ini mengalir 24 jam, jadi harus ada penampung air sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal,” bebernya.

Selain untuk kebutuhan Ponpes, air bersih itu juga akan dialirkan kepada masyarakat di sekitar pondok dan kuburan termasuk untuk penanaman sayuran bagi santri di pondok.

Menanggapi pimpinan Ponpes, Dandim 1615/Lotim akan berupaya untuk membantu tambahan tandon agar air bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat dan pondok pesantren yang memiliki santri-santriwati sekitar 300 orang.

BACA JUGA:  Kader Demokrat Lotim , Ustadz Zamroni : Pentingnya Selesaikan Persoalan dengan Kekompakan

“Insyaallah semoga ini bermanfaat dan sebagai ladang amal ibadah bagi kita semua,” pungkasnya.

KORLIP NTB

Mungkin Anda juga menyukai