Kodim 1615/Lotim Songsong Musim Hujan Dengan Reboisasi

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Komando Distrik Militer (Kodim) 1615/Lotim memanfaatkan waktu musim hujan untuk melakukan penanaman beberapa jenis pohon (reboisasi) di Dusun Lelongkak Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela Lombok Timur, jumat (8/12/2023).

Karya bakti penanaman pohon yang melibatkan instansi terkait seperti Polsek, Pemerintah Kecamatan, Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi dan Pemerintah Desa setempat menanam sekitar 500 pohon jenis durian, mangga, trambesi dan alpukat.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro kepada media mengatakan musim hujan sangat tepat untuk dilakukan penanaman bibit pohon karena akar pohon yang ada dalam tanah akan cepat menyesuaikan diri sehingga tumbuhan akan hidup karena mendapatkan nutrisi dari air hujan.

Selain itu, air hujan juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang gersang dan tandus sehingga tanah dapat digunakan sebagai media tanam yang bagus untuk berbagai macam jenis bibit tumbuhan.

Menurut Alumnus Akmil 2002 itu, reobisasi ini tidak hanya selesai pada penanamannya saja, namun juga perawatannya agar bisa tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi ini bagian dari investasi masa depan karena manfaat penghijauan sangat banyak sekaligus untuk mendukung program konservasi lingkungan hidup,” ujarnya.

Terpisah, memberikan apresiasi atas upaya TNI dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan musim hujan untuk melakukan penghijauan dengan beberapa jenis pohon karena akan bisa tumbuh subur.

Menurutnya, program penghijauan yang dilakukan oleh TNI sangat kebetulan dengan program KKN yang sudah pernah diusulkannya ke desa sehingga ia bersyukur bisa ikut bergabung untuk mensukseskan kegiatan penanaman pohon bersama anggota Kodim 1615/Lotim.

BACA JUGA:  Wakapolres Gowa Beri Siraman Rohani Personil di Masjid Al Gaffar

Ditempat terpisah, hari ini juga seluruh Koramil jajaran Kodim 1615/Lotim yang terdiri dari 11 Koramil melaksanakan karya bakti pembersihan di tempat-tempat umum dan saluran irigasi.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai