Dandim 1615/Lotim : “Jaga Kelestarian Hutan dan Alam dengan Reboisasi”

LOMBOK TIMUR NTB – Musim hujan sangat tepat untuk melakukan penanaman bibit pohon seperti yang dilakukan Kodim 1615/Lombok Timur. Kodim 1615/Lotim hari ini menanam seribu bibit pohon di Dusun Gawah Buak Desa Jeruk Manis Kecamatan Sikur Lombok Timur, Senin (27/05).

Penamanan ribuan bibit pohon jenis seperti durian, mangga, rambutan dan jati putih itu dipimpin langsung Pasiter Kapten Inf Agil bersama Danramil 1615-09/Sikur Kapten Inf Achmad dan anggota.

Pasiter Kodim 1615/Lotim Kapten Inf Agil sebelum penanaman menjelaskan aksi reboisasi itu sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam yang saat ini di fokuskan di desa wisata Jeruk Manis Kecamatan Sikur dan tidak menutup kemungkinan akan kita lakukan ditempat lain.

Hal itu menurutnya, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya tanah lonsor dan menambah zona hijau sehingga alam akan terlihat lebih asri dan sejuk. “Semoga ini dapat menarik wisatawan lokal maupun luar daerah untuk menambah income desa itu sendiri,” harapnya.

Sedangkan Kepala Desa Jeruk Manis Nasipudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1615/Lotim yang telah memilih desanya sebagai lokasi penghijauan dengan penanaman seribu bibit pohon dari berbagai jenis pohon.

Ia juga berharap melalui kegiatan semacam itu akan dapat memberikan kontribusi kepada desa karena lokasinya di desa wisata milik desa yang ramai dikunjungi masyarakat untuk rekreasi bersama keluarga.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi atas kerja sama pihaknya dengan Pemerintah Desa Jeruk Manis dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

BACA JUGA:  Waspadai Penipuan Terhadap Peserta Rekrutmen Polri, Polda Kalbar Beri Himbauan Kepada Orang Tua Calon siswa

Reboisasi menurutnya, merupakan langkah positif yang harus dilakukan secara bersama-sama karena selain mengurangi pemanasan global, juga mencegah terjadinya erosi tanah, melestarikan kesuburan tanah, menghasilkan oksigen yang berlimpah, menjaga udara tetap bersih dan sebagai tempat tinggal satwa di alam liar.

Selain itu, Mantan Danyonif 742/SWY itu juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan lingkungan dengan tidak menebang pohon secara liar yang dapat merusak hutan dan lingkungan.

“Jika hutan gundul maka dampaknya juga akan dirasakan langsung oleh kita semua terutama masyarakat di sekitar hutan. Jadi mari kita jaga dan lestarikan hutan untuk masa depan anak cucu kita,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri aparat Pemerintah Desa Jeruk Manis, anggota Polsek Sikur, Persit KCK, Pramuka Saka Wira Kartika dan masyarakat setempat.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai