Dandim 1615/Lotim : “Hari Juang TNI AD Simbol Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro memimpin ziara rombongan di Taman Makam Pahlawan Rinjani Selong Lombok Timur, Rabu (14/12/2023).

Ziarah rombongan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023. Selain ziarah rombongan, Kodim 1615/Lotim juga menggelar doa bersama dan aksi bersih-bersih di Pasar Apit Aik Kecamatan Pringgabaya, saluran irigasi dan lapangan umum Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel.


Berkenaan dengan itu, Dandim 1615/Lotim menjelaskan setiap tanggal 15 Desember seluruh satuan jajaran TNI AD memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat. Tanggal 15 Desember merupakan hari bersejarah bagi TNI AD. Pada hari itu terjadi pertempuran Ambarawa antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang didukung oleh rakyat Indonesia melawan pasukan sekutu Inggris dan NICA. Ambarawa merupakan daerah strategis yang menjadi rebutan sebagai pintu masuk bagi tentara sekutu untuk menguasai Yogyakarta dan Surakarta.

“Alhamdulillah peringatan Hari Juang TNI AD kali ini kita isi dengan berbagai macam kegiatan yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat khususnya warga Lombok Timur,” ungkapnya.

Menurutnya, pertempuran Ambarawa atau dikenal juga dengan Palagan Ambarawa merupakan salah satu bukti kekuatan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang bersatu padu mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari keinginan Belanda untuk menguasai kembali Indonesia.

Untuk itu, Letkol Sigit sapaan akrabnya berharap kemanunggalan TNI dan Rakyat yang sudah terbangun sejak zaman pra kemerdekaan sampai dengan sekarang jangan sampai luntur dan terkikis oleh perkembangan zaman.

“Mari kita jaga, kita rawat persatuan dan kesatuan anak bangsa dalam kebhinekaan demi keutuhan bangsa dan negara yang terbingkai dalam NKRI,” serunya.

BACA JUGA:  Jelang mudik lebaran, Kasatlantas Morowali Utara mengecek kondisi jalur mudik diperbatasan Sulteng-Sulsel

Sebelumnya, Kodim 1615/Lotim juga menggelar aksi donor darah dan pemberian tali asih berupa Sembako kepada veteran dan anak yatim piatu di Makodim.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai