Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilkum Polres Sanggau

Pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2023 sekira jam 08.00 WIB bertempat di halaman Polres Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilkum Polres Sanggau.

Bertindak selaku Inspektur Apel yaitu Waka Polres Sanggau KOMPOL YAFET EFRAIM PATABANG, S.H., S.I.K., yang dihadiri PJU Polres Sanggau, Dinkes Kab. Sanggau, Pleton Personil Polres Sanggau, Pleton Kompi C Brimob Sanggau, Pleton Polisi Militer Sanggau, Pleton Kodim 1204 Sanggau, Dishub Kab. Sanggau, Pol PP Kab. Sanggau, Damkar Kab. Sanggau, BPBD Kab. Sanggau dan Ormas Pemuda Pancasila.

Dalam Apel Gelar Pasukan turut dilakukan penyematan kepada masing-masing perwakilan Instansi sebagai tanda telah dimulainya Ops Lilin Kapuas Tahun 2023.

Adapun Amanat Kapolri yang disampaikan Inspektur Apel, sebagai berikut dengan ucapan puji syukur karena dapat melaksanakan kegiatan ini akan terselenggara dengan baik.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personil maupun Sarpas yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Sesuai penekanan Presiden RI bahwa Natal dan Tahun Baru merupakan rutinitas, akan tetapi tetap harus direncanakan dan dipersiapkan terutama yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok

Menyampaikan survei Kemenhub RI bahwa akan terjadi peningkatan potensi pergerakan masyarakat dari Tahun sebelumnya

Bahwa perayaan Nataru bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan yang lebih tinggi
Dalam pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder Terkait
Ops Lilin Tahun 2023 dilaksanakan selama 12 hari dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 s/d 2 Januari 2024.

BACA JUGA:  Polda NTB Gelar SPBP di SMK 2 Mataram

Bahwa Polri dan Stakeholder Terkait telah melakukan pemetaan permasalahan Kamseltibcar Lantas dan Kamtibmas yang harus diwaspadai
Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan.

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpang pada titik pelayanan moda transportasi umum, lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, mendorong pembelian tiket secara online dan pengaturan arus keluar masuk bersama Stakeholder Terkait, sementara untuk Kamtibmas untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah distrelisasikan dan libatkan Ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama.

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius, sehubungan dengan hal tersebut perlu mengedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun

Pada pengamanan malam pergantian tahun baru agar lakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar, selain itu lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Guna mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan patroli rutin pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman.

Terkait bencana alam agar siapkan Tim Tanggap Bencana, rehabilitasi dan Sarpas pendukung pada jalur rawan longsor, pelabuhan serta lokasi wisata alam.

Lakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga Bapokting, himbau pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan stok.

Lakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada Pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik

BACA JUGA:  Kapolda Sulteng dampingi Asops Kapolri dan Irjen PUPR tinjau pembangunan Huntap di Kota Palu

Optimalkan fungsi Command Center guna mendukung kelancaran tugas pengamanan Ops Lilin 2023.

Terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas

Ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Apel Gelar Pasukan

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilkum Polres Sanggau

Pelaksanaan Ops Lilin Kapuas 2023 bersamaan dengan Operasi “Aman Cemara Kapuas 2023″ dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat yang berdampak pada situasi Kamtibmas menjelang akhir tahun 2023 di Wilkum Polda Kalbar.
Koordinator SHI.COM Kalbar,”Rustan.”

Mungkin Anda juga menyukai