Bagun Kebersamaan, Koramil Masbagik dan Masyarakat Bersihkan Irigasi dan Desa Wisata Tirta Ratu

Lombok Timur – Sejumlah anggota Koramil 1615-05/Masbagik dan masyarakat menggelar gotong royong pembersihan saluran irigasi di Subak Lingkok Ratu Dusun Lingkok Ratu Desa Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, Rabu (10/1/2024).

Selain membersihkan saluran irigasi, gotong royong yang juga diikuti oleh anggota Polsek Masbagik itu membersihkan tempat yang akan dikembangkan sebagai desa wisata di desa setempat dengan luas lahan mencapai hektaran yang dinamakan Desa Wisata Tirta Ratu.

Komandan Koramil 1615-05/Masbagaik Kapten Inf Hasan Basri menyebutkan gotong royong pembersihan itu dilakukan untuk menghindari terjadinya banjir atau genangan air yang sebabkan oleh tersumbatnya saluran irigasi karena sampah ataupun rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar saluran.

“Jika hujan lebat maka debet air akan bertambah dan harus tersalurkan melalui saluran irigasi yang ada, jika mengalami mampet karena sampah maka otomatis akan banjir atau naik ke permukaan dan menimbulkan genangan air,” ujarnya.

Hasan Basri mengakui gotong royong tersebut sengaja melibatkan semua pihak untuk membangun kebersamaan dan soliditas TNI bersama masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam mengingat di dalamnya ada wisata desa yang ikut menjadi sasaran pembersihan.

“Desa wisata tirta ratu ini diharapkan kedepan menjadi aset yang dapat membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Sedangkan Pasiter Kodim Kapten Inf Agil yang ikut dalam gotong royong itu mengatakan gotong royong merupakan salah satu program yang harus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam yang diawali dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

“Kami menginisiasi kegiatan ini agar masyarakat termotivasi dalam menjaga lingkunganya untuk tetap bersih, asri dan nyaman, dan ini memang membutuhkan kesadaran kita bersama untuk menjaganya,” terang Agil.

Agil juga berharap gotong royong tidak hanya sampai disini, namun terus ditingkatkan karena akan memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat itu sendiri.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai