Perwujudan P5 Kurikulum Merdeka, SMAN 1 Kalidawir Gelar Kirab Mataraman

Tulungagung,- Ratusan siswa SMAN 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengikuti Kirab Budaya Mataraman dengan mengambil start di Sumberblandong Demuk Pucanglaban menuju Springhill view SMAN 1 Kalidawir, Selasa (27/2/2024).

Acar Kirab Mataraman ini di ikuti oleh sesepuh desa Demuk, masyarakat sekitar, penggiat budaya daerah Blitar dan Tulungagung, serta siswa-siswi kelas X SMAN 1 Kalidawir yang berjumlah kurang lebih 250 siswa dengan membawa 15 tumpeng hasil bumi.

Kepala SMAN 1 Kalidawir Nurhodin, S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan bagian dari kurikulum merdeka.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka gelar karya Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal,” ungkapnya.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih kepedulian siswa dalam memelihara lingkungan sekitar, yaitu dengan nguri-nguri sumber air yang berada di Sumberblandong, serta melatih siswa mewujudkan rasa syukurnya pada pencipta dengan berbagi hasil bumi, pada masyarakat sekitar,” papar Nurhodin.

Nurhodin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat sekitar dengan sambutan positif atas kegiatan ini.

“Alhamdulillah respon positif diberikan oleh masyarakat sekitar, hal ini terlihat masyarakat sekitar dengan sukarela ikut gugur gunung (gotong royong) dalam menyukseskan kegiatan ini,” ucapnya.

Melalui kegiatan kirab Mataraman seperti ini diharapkan para siswa bisa lebih mengenal dan paham akan budaya leluhur yang sangat menghargai alam serta turut menjaga kelestarian lingkungan terutama sumber air.

“Harapan kedepan dari kegiatan ini bisa menjadi embrio bagi wilayah sekitar agar bisa konsisten mengadakan kegiatan yang serupa,” tutup Nurhodin.

BACA JUGA:  UNTAG 1945 Cirebon Salurkan Bantuan pada Anak Yatim dan Dhuafa

Dari pantauan media ini, rangkaian acara dimulai dengan bersih sumber, dilanjutkan dengan penanaman pohon, kemudian ada ritual adat, dan diakhiri dengan ngangsu tirto kencana oleh remaja putri yang diwakili oleh salah satu siswi SMAN 1 Kalidawir.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penuangan air tirta kencana oleh Darmanun pengawas sekolah diikuti dengan penutupan oleh Nurhodin, S.Pd, M.Pd kepala SMAN 1 Kalidawir.(Ft)

Mungkin Anda juga menyukai