Kapolresta Pontianak Sorotan Terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum dalam Rapat Koordinasi dengan Forkopimda dan Stakeholder

*

Polresta Pontianak, Polda Kalbar – Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.I.K., M.H. menggelar rapat koordinasi yang signifikan dengan Forkopimda Kota Pontianak dan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk membahas isu sensitif terkait anak-anak yang berhadapan dengan hukum di wilayah kota Pontianak.(15/03/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Pontianak dan juga Stakeholder yang ada di Kota Pontianak yang nantinya akan dilaksanakan diskusi tentang anak yang berhadapan dengan hukum, dimana saat ini Kota Pontianak sedang maraknya anak anak dibawah umur yang melakukan kegiatan yang melawan hukum yang sudah meresahkan masyarakat Kota Pontianak.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kepedulian ini, Kapolresta Pontianak menegaskan pentingnya mendekati masalah ini dengan pendekatan yang holistik dan berbasis pada keadilan serta perlindungan hak asasi manusia. Beliau menyoroti perlunya memahami akar permasalahan yang mendasari perilaku anak-anak ini serta mencari solusi yang lebih preventif daripada hanya reaktif.
“Dalam menangani anak-anak yang berhadapan dengan hukum, kita tidak bisa hanya melihat dari sisi pencegahan atau penegakan hukum semata. Kita perlu memahami konteks kehidupan anak-anak tersebut, baik dari lingkungan keluarga, pendidikan, maupun lingkungan sosial mereka,” ujar Kombes Pol Adhe Hariadi.

Beliau juga menekankan pentingnya peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam memberikan dukungan serta pembinaan kepada anak-anak agar tidak terjerumus dalam perilaku yang melanggar hukum. “Kita harus bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi perkembangan anak-anak kita,” tambahnya.

Dalam tatap muka bersama Forkopimda Kota Pontianak dan stakeholder, berbagai usulan dan rekomendasi disampaikan untuk memperkuat sistem perlindungan anak serta upaya pencegahan dan rehabilitasi bagi anak-anak yang terlibat dalam tindak kriminal.

BACA JUGA:  Masyarakat Pesisir dan Nelayan Diimbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Rapat koordinasi ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam menjaga keamanan dan perlindungan anak-anak di Kota Pontianak. Diharapkan, hasil dari rapat ini akan membawa dampak positif dalam menangani tantangan kompleks terkait anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

Koordinator Liputan SHI com Kalbar,”Rustan batas.”

Mungkin Anda juga menyukai