Mengasah Keterampilan Pelajar: Pelatihan Saka Bhayangkara oleh Satbinmas Polres Landak


Polres Landak ~,Polda Kalbar ~ Sie Humas ~ Sat Binmas Polres Landak yang memberikan latihan kepada anggota Saka Bhayangkara di ruang Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Polres Landak menunjukkan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para anggota Saka Bhayangkara dengan berjalan aman dan lancar, ” Rabu ( 15/5/2024 )

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat, khususnya pemuda yang tergabung dalam Saka Bhayangkara. Dalam kegiatan ini, para anggota Saka Bhayangkara diberikan berbagai materi pelatihan yang mencakup keterampilan TPTKP, pengetahuan dasar tentang tugas kepolisian, serta peningkatan kemampuan dalam bidang kebhayangkaraan

Personil yang melaksanakan kegiatan :
a. Ps. Kanit Bintibsos Aipda Suriansyah
b. Ps. Kaurmintu Aipda Karmin
c. Ps. Binkamsa Aipda Himori
d. Ps. Kanit Iden Aipda Yohanes Yanto selaku Narasumber
e. Ba Sat Binmas Brigpol Norlina Beti
f. Ba Sat Binmas Bripda Dorotius Dion

Siswa yang mengikuti kegiatan latihan Krida Saka Bhayangkara Polres Landak yang terdata sebanyak 51 siswa-siswi terdiri dari perwakilan beberapa sekolah yaitu :
– SMA Negeri 1 Ngabang
– SMA Negeri 2 Ngabang
– SMA Negeri 3 Ngabang
– SMK Maniamas Ngabang
– SMK Terpadu/SMK Negeri 2 Ngabang
– SMA Negeri 1 Jelimpo
– MAN Ngabang

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan melalui Ps Kanit Bintisos Aipda Suriansyah menyampaikan Bahwa pelatihan yang diberikan kepada anggota Saka Bhayangkara memiliki peran penting dalam membekali para pemuda dengan pengetahuan dan keterampilan yang berguna.Ia menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan teknis para anggota, tetapi juga untuk membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi.

BACA JUGA:  Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik buat Bunda Marni Penasehat Saksi Hukum Indonesia.com 

Aipda Suriansyah juga menyatakan bahwa Saka Bhayangkara adalah mitra strategis bagi kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat. Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan yang rutin dilakukan oleh Sat Binmas Polres Landak bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kepolisian dan komunitas pemuda. Dengan demikian, diharapkan para anggota Saka Bhayangkara dapat menjadi contoh teladan bagi pemuda lainnya serta turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib, ” Tuturnya

Ia juga menambahkan bahwa pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk pengetahuan tentang tugas-tugas kepolisian, keterampilan komunikasi, serta teknik-teknik dasar dalam penanganan situasi darurat. Dengan bekal ini, anggota Saka Bhayangkara diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu tugas-tugas kepolisian dan menjadi agen perubahan positif di masyarakat.

Pelatihan seperti ini diharapkan dapat mempersiapkan para pelajar untuk berperan aktif dalam mendukung tugas-tugas kepolisian di masyarakat, serta membangun karakter disiplin dan tanggung jawab. Ini juga menjadi sarana bagi Polres Landak untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan membangun hubungan yang lebih harmonis dan sinergis.Adapun, Sat Binmas Polres Landak selalu berupaya untuk memberikan pembinaan dan pelatihan yang berkelanjutan kepada Saka Bhayangkara, sehingga mereka bisa menjadi agen perubahan yang positif di lingkungannya masing-masing, ” imbuhnya.

Koordinator Liputan SHI com Kalbar,”Rustan batas.”

Mungkin Anda juga menyukai