Menteri Parekraf Sandiaga Uno Buka Rakornas GenPI

 

SURAKARTA, – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno membuka secara resmi rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ketiga Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang berlangsung di Novotel Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (05/11/2022).

Sebelum membuka secara resmi rangkaian kegiatan Rakornas GenPI, Sandiaga Uno terlebih dahulu memberikan sambutan dan juga Keynote Speech dengan tema “Transformasi Digital Pariwisata Indonesia”.

Sebagai pembuka, Sandiaga menyinggung makna yang mendalam dari tema Rakornas GenPI yaitu KERIS – Kreatif Sinergis yang menurutnya adalah sebuah kata yang harus dimaknai sebagai bentuk kreasi dan sinergitas yang sangat diperlukan saat ini.

“Makna kata KERIS – Kreatif Sinergis ini adalah hal yang harus dimaknai sebagai bentuk kreasi dan sinergitas yang diperlukan saat ini,” ungkap Sandiaga

Selain itu, dalam Keynote Speech-nya Sandiaga menjelaskan bagaimana pentingnya upaya digitalisasi dalam Pariwisata Indonesia khususnya di era yang serba digital seperti saat ini.

“Di zaman yang penuh akan agility, creativity dan curiosity ini, peran GenPI sangatlah penting. Apalagi GenPI ini adalah komunitas yang diisi oleh Gen Z yang sangat aktif dengan dunia digital,” sambung Sandiaga.

Di hadapan para peserta Rakornas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Sandiaga juga mengharapkan agar GenPI selalu menjadi bagian dari garda terdepan pariwisata Indonesia dalam membantu mengkomunikasikan destinasi pariwisata Indonesia melalui konten-konten kreatif di Media sosial. Terutama untuk beberapa event yang akan berlangsung dalam waktu dekat seperti World Superbike di Mandalika dan Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali.

BACA JUGA:  LSM PERAK Cium Aroma Dugaan Korupsi pada Start Awal PPDB 

“Dalam waktu dekat kita memiliki event internasional, ada World Superbike di Sirkuit Mandalika, dan yang terbesar adalah Presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung di Bali. Saya harap GenPI bisa menjadi bagian dari yang mempromosikan kegiatan yang akan berlangsung nantinya,” tangkas Sandiaga.

Tidak hanya membuka secara resmi rangkaian Rakornas GenPI, Sandiaga juga meluncurkan Aplikasi ‘LELANA’ sebuah aplikasi pariwisata karya dari Generasi Pesona Indonesia.

Selain Menteri Parekraf, acara pembukaan Rakornas ketiga GenPI juga dihadiri oleh Walikota Solo, Bupati Maros, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf dan General Manager Geopark Maros-Pangkep.

Setelah dibuka secara resmi oleh Menteri Parekraf, kegiatan Rakornas GenPI akan dilanjutkan dengan beberapa rangkaian menarik lainnya seperti Leaders Talk yang akan menghadirkan beragam tokoh dan pelaku pariwisata Indonesia, rapat internal GenPI serta mengikuti pelepasan peserta Tour De Borobudur, pada hari Minggu (06/11/2022). (Humas/Abels)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *