Ruas Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak Diresmikan Presiden Jokowi

Saksihukumindoneisa.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Semarang-Demak seksi 2 Sayung-Demak dengan menekan tombol sirine. Sabtu, (25/2).

Presiden Jokowi mengatakan “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan jalan tol Semarang-Demak seksi Sayung-Demak,”

Menghabiskan biaya pembangunan hingga Rp 5,9 triliun Tol sepanjang 16,01 km tersebut dan kini siap digunakan.

Jokowi mengatakan, saat ini ruas tol tersebut sudah selesai dan telah siap untuk dioperasikan dalam membantu meningkatkan efisiensi logistik di jalur utara Pulau Jawa.

“Alhamdulillah Jalan Tol Semarang-Demak seksi II ruas Sayung-Demak ini sudah selesai dan siap untuk dioperasikan sepanjang 16,01 km, yang menghabiskan anggaran biaya sebesar Rp 5,9 triliun,” ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, jalan Tol Semarang-Demak seksi 2 Sayung-Demak ini juga berfungsi sebagai tanggul laut. Oleh karena itu, dengan rampungnya tol ini Jokowi berharap dapat membantu mencegah terjadinya bajir rob di kawasan tersebut.

Jokowi pun mengimbau kepada seluruh pejabat daerah agar segera menyambungkan kawasan-kawasan produksi di wilayahnya masing-masing ke tol yang sudah beroperasi di tanah air. Harapannya, tol-tol tersebut akan berdampak pada peningkatan laju transportasi dan produktivitas daerah.

“Sehingga manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk pertanian, perkebunan, dan dari kawasan industri yang kita miliki. Dengan kecepatan itulah, efisiensi, daya saing, competitiveness kita miliki,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, ruas ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa sisi utara yang harapannya akan banyak menampung kendaraan logistik golongan II dan V.

“Menurut kami ini merupakan bagian penting dari strategi untuk meningkatkan efisiensi logistik di Indonesia,” kata Danang.

Danang menjelaskan, secara keseluruhan Jalan Tol seksi II ini memiliki panjang 26,65 km. Salah satu keunikan dari jalur ini ialah akan terhubung dengan tol tanggul laut yang merupakan instrumen dalam menangani kenaikan muka air laut akibat perubahan Iklim.

(Evi)

Mungkin Anda juga menyukai