Usai Jalani Pendidikan, 73 Komcad Asal Lotim di Kembalikan

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll SELONG– Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro mengatakan sebanyak 73 orang warga Kabupaten Lombok Timur telah selesai mengikuti pendidikan Kompenen Cadangan (Komcad) di Rindam IX/Udayana Tabanan Bali.

Hal itu diungkap Dandim 1615/Lotim saat di wawancara oleh insan media di ruang kerjanya di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Jumat (25/8/2023).

Dijelaskannya, sebanyak 73 orang yang tergabung dalam Komcad sudah kembali ke Lombok Timur pada Jumat minggu lalu setelah mengikuti pendidikan di Rindam IX/Udayana dan pemantapan di Pusdiklat Kopassus Batu Jajar Bandung Jawa Barat selama tiga bulan.

“Alhamdulillah mereka kita terima di Makodim dan kita berikan arahan, setelah itu mereka kembali ke keluarga masing-masing dan kembali bekerja sesuai dengan profesinya,” ungkap Bayu Sigit sapaan akrab Dandim 1615/Lotim.

“Selama mereka mengikuti pendidikan, mereka anggota Komcad diberikan latihan PBB, disiplin, wawasan kebangsaan, bela negara, dan beberapa materi lainnya dalam rangka mendukung tugas TNI termasuk latihan menembak,” sambungnya.

Hal itu dilakukan agar anggota Komcad sebagai komponen cadangan ini memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

“Mereka sesuai program akan diberikan penyegaran satiap tahun untuk mengingat dan memperkuat jiwa nasionalisme sebagai patriot bangsa dan negara,” ujar pria murah senyum itu.

Mereka bisa digerakkan berdasarkan persetujuan DPR RI dan Komando Pengedaliannya berada pada Panglima TNI untuk mendukung dan membantu TNI selaku komponen utama dalam pelaksanaan tugas sesuai kebutuhan terutama dalam bela negara dan mempertahankan tanah air dari berbagai ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun luar.

BACA JUGA:  Semifinal IM BasketBall Competition Adu Strategi

Terkait dengan beberapa anggota Komcad wilayah Kabupaten Lombok Timur yang belum memiliki pekerjaan, mantan Danyonif 742/SWY itu juga menyampaikan bahwa ia sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mencarikan solusi atau dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah.

“In syaa Allah kedepan akan kita berdayakan bersama sehingga mereka menjadi panutan di tempat tinggal maupun lingkungan tempat kerja”, harapnya.

Pria kelahiran Bandung itu juga menegaskan pembinaan anggota Komcad ini akan dilakukan oleh Kodim selaku satuan Komando Kewilayahan sehingga kegiatan mereka akan terpantau oleh Kodim.

Komponen Cadangan tahun 2023 ini dilantik langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Pusdilat Kopassus Batujajar Bandung Jawa Barat pada hari Jumat tanggal 11 Agustus 2023 lalu.

( Korlip NTB )

Mungkin Anda juga menyukai