Kodim 1615/Lotim Gelar Apel Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Kabupaten Lombok Timur

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Proses tahapan Pemilu tahun 2024 sampai dengan saat ini masih terus berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terkait dengan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Kodim 1615/Lotim menggelar Apel Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Rabu (8/11/2023).

Apel Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dengan mengusung tema “Siap Mewujudkan Pemilu Damai dan Demokrasi dari Lombok Timur Untuk Indonesia” itu dihadiri personel dari Kodim 1615/Lotim, Polres Lombok Timur dan Satpol PP serta pimpinan atau perwakilan masing-masing Partai Politik Peserta Pemilu Kabupaten Lombok Timur dengan pimpinan apel Pj. Bupati Lombok Timur Drs. H. Juani Taofik, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro dan Kabag Ops Polres Lotim Kompol Andika GW. SE., mewakili Kapolres Lotim.

Usai menggelar apel deklarasi, Pj. Bupati Lotim dalam wawancaranya dengan awak media mengatakan secara teknis Pemilu itu diselenggarakan oleh penyelenggara Pemilu, namun harus ada dukungan dari Pemerintah Daerah, Kodim, Polisi, Kejaksaan dan unsur pendukung lainnya termasuk Satpol PP yang harus disinergikan.

9

Dalam waktu dekat, Satpol PP akan ada kerjasama dengan Bawaslu dan KPUD Kabupaten Lombok untuk merapikan alat sosialiasi atau peraga kampanye di titik-titik tertentu yang terpasang pada saat kampanye mendatang.

“Itu butuh soliditas dan kolaborasi yang kuat,” tegasnya.

Mantan Sekda Lotim itu juga berpesan semua berawal dari komunikasi yang baik secara inklusif, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi serta mendorong netralitas imparsialitas dengan tidak menguntungkan salah satu peserta Pemilu.

BACA JUGA:  Polda Sulteng Gelar Rakor Lintas Sektoral Pastikan Kesiapan Pemilu 2024, Ini Pesan Kapolda!

“Apapun yang kami kerjakan tidak menguntungkan salah satu peserta Pemilu, namun menguntungkan Pemilu berjalan secara damai, berjalan aman sehingga Pemilu yang bermartabat sesuai dengan yang dijanjikan dapat terwujud,” pungkasnya.

Sedangkan Dandim 1615/Lotim dalam wawancaranya menyampaikan hari ini kita sudah melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai di Makodim untuk menyakinkan bahwa keterlibatan TNI Polri dalam Pemilu ini benar-benar harus bisa bersinergi dengan semua komponen masyarakat karena TNI Polri tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

Bayu Sigit juga berharap pasca dibacakannya ikrar deklarasi yang diikuti seluruh peserta apel, mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai awal yang baik sehingga pelaksanaan Pemilu tidak menjadi momok yang menimbulkan perselisihan di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Ia juga akan turun bersama Kapolres Lotim secara bersama-sama untuk menangani dan menyelesaikan apabila ada permasalahan sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

Dalam Pemilu, satu hal yang menjadi atensi Dandim 1615/Lotim yakni pada saat penghitungan suara agar tidak ada kecurangan dalam bentuk apapun, harus benar-benar disosialisaikan dan dilatihkan kepada unsur-unsur terkait sehingga setelah penghitungan suara di TPS sama jumlahnya dengan jumlah suara setelah dihimpun menjadi satu.

Sedangkan Kabag Ops Polres Lotim mewakili Kapolres Lotim mengajak para peserta deklarasi untuk melaksanakan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 dengan damai dan mengikuti aturan regulasi yang telah ditentukan oleh pemerintah ataupun penyelenggara Pemilu.

Adapun isi Ikrar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang dibacakan oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lombok Timur Samsul Hadi dan diikuti seluruh peserta apel yaitu :

Deklarasi Pemilu Damai, kami seluruh komponen bangsa di Kabupaten Lombok Timur menyatakan :

1. Siap melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.
2. Siap mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.
3. Siap menolak yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak mengeluarkan isu Sara.
4. Siap menciptakan situasai dan kondisi tetap sejuk di Kabupaten Lombok Timur serta bersinergi dengan TNI Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan.

BACA JUGA:  Penetapan Ketua dan Pengurus DPD Grib Jaya Sulsel

Setelah pelaksanaan apel Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, pimpinan atau wakil masing-masing partai politik peserta Pemilu 2024 dan Forkopimda Lombok Timur menandatangani nota kesepahaman untuk “Siap Mewujudkan Pemilu Damai dan Demokrasi dari Lombok Timur Untuk Indonesia”.

KORLIP NTB

Mungkin Anda juga menyukai