Kodim Gelar Karkab, Dandim 1615/Lotim Ingatkan Jaga Kesehatan Musim Hujan

SAKSI HUKUM INDONESIA.COM ll LOMBOK TIMUR – Memasuki musim hujan, Kodim 1615/Lotim dipimpin langsung Komandan Kodim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro bersama anggota melaksanakan bersih-bersih lingkungan terutama fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat.

Hari ini, Kodim 1615/Lotim kembali melaksanakan pembersihan Pasar Umum Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, Kamis (7/12). Aksi bersih-bersih yang melibatkan personel TNI, Polri, Pemerintah Kecamatan Labuhan Haji, Satpol PP dan Linmas terlihat kompak mengangkat sampah yang sudah menumpuk maupun yang ada di saluran got seputar pasar. Tidak mau ketinggalan ibu-ibu Persit KCK Cabang XXIX Dim 1615 dan warga yang berjualan Pasar Umum Tanjung juga ikut mengambil peran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dandim 1615/Lotim dalam wawancaranya menjelaskan karya bakti bersih-bersih ini dilakukan secara serentak di seluruh indonesia untuk menjaga kebersihan lingkungan pada musim hujan sekaligus untuk mengantisipasi timbulnya wabah penyakit.

Kita ketahui bersama, sambungnya, musim hujan sangat rentan terhadap timbulnya penyakit seperti diare, pilek, demam bahkan demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.

“Ini salah satu upaya kita bersama untuk menjaga keluarga kita, warga kita dari wabah penyakit terutama nyamuk dan banjir ataupun genangan air karena saluran irigasi ataupun gotnya mampet karena sampah dan tertimbun tanah,” beber Bayu Sigit.

Aksi bersih-bersih yang diinisiasi oleh Kodim 1615/Lotim ini diharapkan menjadi motivasi dan contoh yang bisa diikuti oleh Pemerintahan Desa dan masyarakat pada umumnya, minimal mulai dari rumah dan halamannya hingga lingkungan yang lebih luas.

BACA JUGA:  HUT Humas Polri Ke–72, Polda Kalbar Beserta Jajaran Gelar Penanaman Pohon Serentak

“Jika kita semua sudah memiliki kesadaran akan hal ini, maka persoalan yang berkaitan dengan musim hujan dapat kita minimalisir bersama,” tutupnya.

Sedangkan Kepala Pasar Umum Tanjung Aklim Saufi mengucapkan terimakasih kepada Kodim Lotim yang sudah berupaya melakukan kegiatan pembersihan di sekitar lokasi Pasar Umum Tanjung.

Menurutnya, kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan di lingkungan pasar terutama Pasar Umum Tanjung, untuk itu ia berharap agar kedepan kegiatan peduli lingkungan diteruskan untuk menghindari banjir atau genangan air karena selokan yang kumuh dan macet akibat sampah dan endapan lumpur.

Sebelumnya, Kodim 1615/Lotim juga menggelar karya bakti pembersihan Pasar Umum Pancor Kecamatan Selong yang juga diikuti oleh instansi terkait.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai