INSPIRASI Politik Warung Kopi

Kalbar ~ Era media sosial telah memunculkan dan membuat populer hal-hal baru, termasuk di dunia kuliner. Ada satu minuman yang popularitasnya tidak pernah tergusur oleh zaman dan secara konsisten menjadi favorit masyarakat, yaitu minuman kopi.

Popularitas kopi kian hari kian meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan kedai kopi atau coffee shop yang menjamur. Uniknya, persepsi mengenai kebiasaan minum kopi kini sudah mengalami pergeseran. Tidak hanya sebagai kebiasaan sehari-hari yang umum, namun sudah menjadi lifestyle yang dianggap keren.

Perbincangan politik di musim politik adalah hal yang lumrah, maka tak heran isu yang paling seksi untuk menjadi perbincangan adalah isu-isu politik. Apalagi sudah ditemani secangkir kopi dan sebungkus rokok.”Indonesia bahkan terlalu kecil untuk dibahas.

Belakangan ini, terasa hambar jika ngopinya hanya di kamar kos atau di rumah, serasa tak mendapatkan fantasi dan imajinasinya. Kebanyakan dari kita lebih memilih janjian bersama teman lalu ngopi di luar. Dan Warung Kopi selalu menjadi pilihan.

Warung kopi adalah ruang publik, dimana kebebasan untuk berbicara dan menuangkan pikiran tak ada larangan. Di situ kita tidak akan dibubarkan oleh polisi atau security kampus. Kritiklah sesukamu, berbicaralah semaumu. Sejauh tak ada delik yang terlanggar.

Tak perlu nonton TV atau membaca koran untuk bisa update, karena di Warung Kopi semua peristiwa dan kejadian terdengar. Mulai dari rapuhnya rumah tangga,”itulah asyiknya warung kopi bro.”tutur bang Rustan Batas, Koordinator Liputan SHI.com wilayah Kalimantan Barat.
Penulis : Rustan Batas Kalbar.SHI.com.”

Mungkin Anda juga menyukai