Program 15 Menit Baca SMPN 1 Pucanglaban Tingkatkan Literasi Siswa, Siap Dukung Hasil PISA

 

Tulungagung,- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis hasil studi PISA 2022, pada Selasa, 5 Desember 2023. Hasil PISA 2022 menunjukkan peringkat hasil belajar literasi Indonesia naik 5 sampai 6 posisi dibanding PISA 2018. Peningkatan ini merupakan capaian paling tinggi secara peringkat (persentil) sepanjang sejarah Indonesia mengikuti PISA. Tentunya ini merupakan sebuah prestasi yang harus ditingkatkan.
Demi mendukung peningkatan literasi yang lebih baik tersebut, SMPN 1 Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung juga terus menggenjot kemampuan literasi siswa dengan berbagai program yang dicanangkan.

Dimulai dengan lomba membuat pojok baca antarkelas yang dilaksanakan pada Desember 2023 lalu, selepas kegiatan sumatif akhir semester, sekaligus mengisi kegiatan menjelang libur sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang-lebih 9 hari. Setiap kelas yang dikomandoi oleh wali kelas masing-masing menuangkan kreasinya dalam membuat pojok baca. Setelah selesai, juri yang terdiri dari kepala sekolah dan beberapa guru menilai setiap pojok baca dengan kriteria yang telah ditentukan.

Dari hasil penilaian tersebut memunculkan berbagai juara sebagai berikut, juara pertama kelas VIII A, juara kedua kelas VIII D, juara ketiga kelas IX D, harapan pertama IX C, harapan kedua IX A, dan harapan ketiga VII C.

Kegiatan lomba tersebut merupakan sebuah langkah awal dalam upaya meningkatkan literasi siswa. Dengan lomba tersebut diharapkan mampu memicu minat baca siswa.

Selain itu, juga terdapat program lanjutan sebagai tindak lanjut dari adanya pojok baca di setiap kelas, yakni program 15 Menit Baca.

Dengan adanya pojok baca di setiap kelas, siswa diwajibkan untuk membaca buku-buku yang ada di sana selama minimal 15 menit sebelum pembelajaran. Setelah membaca, mereka diminta untuk memberikan sedikit gambaran mengenai apa yang telah dibacanya pada kartu kontrol.

Kartu kontrol ini sendiri akan terus dipantau oleh wali kelas untuk mengetahui seberepa jauh perkembangan dan minat baca siswa.

Selain literasi buku, terdapat juga program literasi kitab suci. Program ini juga merupakan pembiasaan bagi siswa dalam rangka literasi dan penanaman nilai-nilai keagamaan. Literasi kitab suci dilaksanakan pada hari Sabtu dengan puncak kegiatan Tabligh Akbar setiap bulannya.(Ft)

Mungkin Anda juga menyukai