Pemdes Talang Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2025

Tulungagung- Memasuki awal tahun 2024 seluruh pemerintah desa disibukan dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Pemdes Talang kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung pada Kamis (25/1/2024) juga melaksanakan Musrenbangdes dalam rangka Rancangan RKPDes dan RKPD kabupaten Tulungagung tahun 2025.

Bertempat di kantor desa Talang dan dihadiri oleh Camat Sendang, Kasi PMD kecamatan Sendang, Kepala Desa Talang beserta perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD beserta anggota, LPM, LKD, Karangtaruna, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa (PLD), tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT, dan ketua RW.

Asmungi kepala desa Talang mengatakan Musyawarah Rencana pembangunan desa ini menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2025. “RKPDes adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa,” ucap Asmungi. “Terwujudnya rencana kerja pemerintah desa pertahunnya merupakan bentuk upaya dalam terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” imbuhnya.

Asmungi melanjutkan, kegiatan Musrenbangdes ini selain menentukan sekala prioritas kegiatan juga untuk menyepakati program-program apa saja yang akan dilaksanakan dan dibiayai oleh APBDes. 
“Kegiatan yang tidak bisa dibiayai APBDes akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan,” jelas Asmungi. “Untuk itu partisipasi saran dan masukan dari masyarakat sangat diperlukan untuk kemajuan pembangunan desa,” katanya.

Dalam Musrenbang tersebut disepakati usulan-usulan prioritas, diantaranya pembangunan jalan rabat dan drainase di dusun Karang RT 2 RW 1, pembagunan lapangan desa, pembangunan jalannusaha tani dusun Karang – Nglutung, pembangunan jalan usaha tani dusun Tenggong – Nglutung, pembangunan sedimen (penahan lumpur) dibawah jembatan di dusun Candi RT 1 RW 1.

Sebagai informasi sebelum dilaksanakan Musrenbang Desa telah dilaksanakan rembuk stunting dan Muspadi.(Ft)

Mungkin Anda juga menyukai