Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun 2023/2024 SMK Negeri 1 Tulungagung

Tulungagung- SMK Negeri 1 Tulungagung menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi para siswa kelas XII. Ujian Praktik Kejuruan ini diselenggarakan pada tanggal 26 hingga 29 Februari 2024. UKK merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji berupa praktik, dan teori.

UKK merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan pemerintah serta untuk mendorong pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional maka perlu meningkatkan mutu ujian satuan Pendidikan dan pemerintah.

Tujuan pelaksanaan uji kompetensi keahlian (UKK) bertujuan yaitu :

1.     Mengukur pencapaian kompetensi  peserta didik SMK yang telah menyelesaikan pembelajaran sesuai kompetensi  keahlian yang ditempuh.

2.     Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia

3.     Mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaa uji kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja

Sasaran dari pelaksanaan uji kompetensi keahlian adalah penerbitan sertifikat kompetensi bagi seluruh peserta UKK yang dinyatakan kompeten. Sertifikat kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan Pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja.

Uji kompetensi keahlian menguji pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terintegrasi dalam 1 (satu) rangkain pelaksanaan asesmen. Uji Kompetensi Keahlian sebagai salah satu indikator kelulusan peserta didik dari SMK. Sertifikat kompetensi yang didapatkan dari hasil UKK nantinya akan menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Sementara itu, SMK Negeri 1 Tulungagung menggelar 8 (delapan) kompetensi keahlian yang mengikuti asesmen UKK yaitu Agribisnis Tanaman Pangan (ATP), Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnsi Pengolahan hasil pertanian (APHP), Pengwasan Mutu hasil pertanian (PMHP), Agribisnis ternak unggas ( ATU), Agribisnis Ternak ruminansia (ATR), Agribisnis pengolahan hasil perikanan (APHP i) serta Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT).

BACA JUGA:  Rivan A. Purwantono Jadi Pembina Upacara HUT ke - 78 RI Menyampaikan Refleksi Kemerdekaan bagi Jasa Raharja

Penilaian dalam pelaksanaan uji kompetensi keahlian (UKK) melibatkan penguji (Acessor) internal yang merupakan guru kompetensi keahlian yang telah bersertifikasi dan penguji (accessor) eksternal dari dunia kerja yang ber mitra dengan sekolah yang memiliki kualifikasi sebagai accessor.(Ft)

Mungkin Anda juga menyukai