Batu Prasasti Desa Sidorejo, Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Kediri

Tulungagung,- Desa Sidorejo terletak di barat pusat kota Tulungagung, secara adminitrasi masuk wilayah kecamatan Kauman. Sebelah utara berbatasan dengan desa Jatimulyo, sebelah barat desa Mojosari, sebelah selatan desa Kauman, dan sebelah timur desa Panggungrejo.

Banyak sejarah yang terukir dibalik berdirinya desa Sidorejo, salah satunya adalah batu prasasti yang berada di dusun Sawahan RT.04 RW.01.

Dibawah kepemimpinan DR. Danang Catur Budi Utomo ST, MSi desa Sidorejo menjadi desa yang maju. Kepala desa yang saat ini masih menempuh pendidikan di Universitas Negeri Malang ini juga digadang-gadang oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin kabupaten Tulungagung.

Terkait batu prasasti tersebut kepala desa Sidorejo mengatakan bahwa sudah lama terletak ditempatnya.
“Terkait sejarahnya batu prasasti itu sudah lama ada ditempatnya mas, lebih lama dari kabupaten ini,” ucap Danang sapaan akrabnya. “Ada cerita bahwa batu prasasti tersejut pemberian hadiah dari kerajaan Kediri,” lanjutnya.

Lebih jauh Danang menjelaskan bahwa batu prasasti tersebut pernah akan ditempatkan di museum.
“Sebenarnya pernah di survei sama peneliti dan mau di tempatkan di museum, tetapi di tanyakan dulu kebijakanya di desa. Karena tempat dan wilayahnya masuk desa sidorejo makanya di rawat dan di perbaiki, di buatkan tempat sekalian untuk tempat dari awal sepertinya sudah di situ lama mas,” ungkap Danang.

Selama ini Danang mengań∑ui belum ada perhatian dari pihak instansi terkait dengan keberadaan prasasti tersebut.

“Makanya batu prasasti tersebut kita jaga dan kita rawat dengan dibangunkan tempat, karena ada nilai sejarah di dalamnya,” tutup Danang.(Ft)

BACA JUGA:  Berbicara Radikalisme dan Intoleransi, Satgas Madago Raya hadirkan Dua Mantan Napiter Kasus Bom Bali

Mungkin Anda juga menyukai