Pj. Bupati Tulungagung Hadiri Ekrafaganza Toeloengagoeng Koeliner Jaman Doeloe (Toekoel Jadoel)

Tulungagung,- Pakumpulan Dalang Tulungagung (PAKUDHATA) dan Paguyuban Sinden Tulungagung (PASINTA), pada Minggu 20/04/2024 pukul 21.00 WIB menggelar paguyuban wayang kulit spektakuler dengan dua pakeliran di halaman GOR Lembupeteng Tulungagung.

Acara ini juga dihadiri PJ Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT dan Anggota Forpimda Kabupaten Tulungagung serta Sekda Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si., ini mengambil cerita Lumbung Kencono.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Drs. Bambang Ermawan, M.Pd., mengatakan bahawa maksud dan tujuan kegiatan Ekrafaganza Thoekoel Jadoel (Tulungagung Kuliner Jaman Dulu) yang dikolaborasikan dengan Pergelaran Seni Tari Kreasi Tradisional dan Wayang Kulit adalah untuk melestarikan kebudayaan asli masyarakat Tulungagung dengan memperkenalkan keragaman makanan khas maupun seni pertunjukan yang dimiliki masyarakat Tulungagung sejak jaman dahulu kepada generasi penerus bangsa. Sekaligus sebagai media promosi untuk menarik wisatawan agar mengunjungi Kabupaten Tulungagung yang memiliki keanekaragaman makanan khas maupun budaya.

Pj Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya pada acara ini diantaranya mengatakan bahwa Ekrafaganza Toekoel Jadoel merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk pemberdayaan dan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner untuk memperkenalkan makanan, jajanan dan minuman tradisional khas tulungagung yang sudah memasyarakat sejak jaman dahulu kepada generasi muda di era milenial saat ini.

Acara ini juga diisi dengan penyerahan piagam dan tropy kepada para pemenang lomba tari kreasi oleh Pj Bupati Tulungagung, Anggota Forpimda Kabupaten Tulungagung dan Sekda kabupaten Tulungagung kepada para pemenang lomba tari yang digelar oleh panitia acara yaitu Ekrafaganza Thoekoel Jadoel.(Ft)

BACA JUGA:  Rivan A. Purwantono: Menteri Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Jasa Raharja Amankan Mudik di Km 70 Tol Cikarang Utama

Mungkin Anda juga menyukai