Itwasda Polda Kalbar Gelar Audit Kinerja di Polres Melawi untuk Tingkatkan Tata Kelola

*
Polres Melawi Polda Kalbar – Tim Itwasda Polda Kalimantan Barat, dipimpin oleh Kombes Pol Agung Setyo Wahyudi, S.H., S.I.K, melakukan audit kinerja tahap pertama yang fokus pada aspek perencanaan dan pengorganisasian di Polres Melawi. Senin (6/5). Audit ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola dan memastikan kesesuaian implementasi tugas-tugas Kepolisian dengan peraturan yang berlaku.

Kegiatan audit kinerja yang rutin dilakukan setiap tahun ini, melibatkan beberapa anggota tim II, antara lain AKBP R. Mochamad Sulaimanudin, KOMPOL Dedi Setiawan, S.I.P, Penata TK I Aries Rizaldi, S.E, IPDA Ady Irawan S, S.T, Briptu Julian Rahmadani, dan Briptu Disky Rivaldi.

Kombes Pol Agung Setyo Wahyudi menekankan bahwa audit tidak bertujuan untuk mencari kesalahan tetapi lebih kepada pembenahan dan evaluasi proses. “Jangan alergi dengan temuan. Temuan harus dijadikan peluang untuk perbaikan. Ini adalah kesempatan untuk memperbaiki, berbagi pengetahuan, dan menyamakan persepsi antara aturan yang berlaku dengan implementasi yang dilaksanakan,” ujarnya.

Audit tahap ini meliputi berbagai bidang seperti SDM, operasional, keuangan, dan sarana prasarana. Ditemukan beberapa kebiasaan dalam penyusunan administrasi perencanaan dan pengorganisasian yang masih berpatokan pada praktik lama yang mungkin sudah tidak sesuai dengan peraturan terbaru.

“Itu salah satu area yang kita soroti. Kebiasaan-kebiasaan yang dianggap benar karena sudah lama dilakukan perlu dikoreksi sesuai dengan perubahan atau revisi aturan yang berlaku,” tambah Kombes Pol Agung.

Pihak Itwasda Polda Kalbar berharap agar temuan dan saran perbaikan yang disampaikan dalam audit ini benar-benar dipahami dan diimplementasikan oleh personel yang bertanggung jawab di Polres Melawi, sehingga pada audit kinerja berikutnya tidak terjadi temuan yang sama atau berulang.

BACA JUGA:  Pastikan Kondisi Kesehatan Personel Pengamanan Dan KPPS Dalam Keadaan Baik Dan Sehat, Biddokkes Polda Kalbar Turunkan Tim Kesehatan Lapangan

Audit ini juga diharapkan dapat membantu tim auditor menjadi semacam konsultan dalam perencanaan dan pengorganisasian manajemen Polri di Polres Melawi, memastikan bahwa semua kegiatan dan tugas berjalan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan.

Koordinator Liputan SHI com Kalbar,”Rustan batas.”

Mungkin Anda juga menyukai