Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Personil Humas, Polda Kalbar Hadirkan Jurnalis Antara untuk memberikan Pelatihan Penulisan Berita

*

Bidhumas Polda Kalbar menghadirkan Ketua AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Kota Pontianak untuk memberikan pelatihan jurnalistik penulisan berita, foto dan video, bagi personil humas Polda dan Polres jajaran.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik personel Humas, Pelatihan ini diikuti oleh personil Bidhumas Polda Kalbar dan Polres jajaran,” kata Kabiidhumas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M. saat membuka kegiatan tersebut di Hotel Alimoer Sungai Raya, Selasa (14/5/2024).

Kombes Pol Raden Petit, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik personel Humas serta mempermudah mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Kami mengadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel humas, khususnya dalam pembuatan berita dan narasi serta peliputan , sehingga mereka dapat menjalankan tugas dengan lebih mudah dan lancar,” tuturnya.

Kabid Humas juga berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para Kasie Humas di tingkat Polres mampu melakukan peliputan dan membuat berita yang lebih baik dan cepat, agar masyarakat bisa segera mendapatkan informasi kegiatan yang dilaksanakan di satuan Polres.

Ketua AJI Pontianak, Rendra Oxtora, S.Pd bertindak sebagai narasumber menekankan pentingnya keterampilan jurnalistik bagi personel Humas dalam menyampaikan informasi kepada publik.

“Humas Polri harus memiliki kemampuan jurnalistik yang baik agar informasi yang disampaikan kepada publik dapat diterima dengan mudah dan dipahami dengan benar,” tuturnya.

Selain itu, Rendra juga memberikan pelatihan tentang teknik penulisan narasi berita yang efektif dan informatif.

Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti sesi ini, dan diharapkan mereka dapat menyampaikan informasi kepada publik dengan lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA:  Gencarkan Safety Champaign dan Program Relaksasi Pajak, Jasa Raharja Sulsel adakan Sosialisasi di SMAN 9 Maros bersama Unit Laka Polres

Dalam pelatihan ini, juga dibahas mengenai pemanfaatan teknologi Android dan kecerdasan buatan (AI) dalam pembuatan berita. Dengan memanfaatkan perangkat Android, personel humas dapat lebih cepat mengumpulkan, mengedit, dan menyebarkan berita langsung dari lapangan. Sementara itu, AI dapat membantu dalam menyusun narasi berita yang lebih baik dengan menganalisis data secara cepat dan memberikan rekomendasi penulisan yang efektif.

“Penerapan teknologi Android memungkinkan personel Humas untuk bekerja lebih mobile dan responsif. Sementara itu, AI dapat meningkatkan kualitas berita dengan menyediakan analisis data yang mendalam dan saran penulisan yang efisien,” tambah Rendra yang juga jurnalis di LKBN Antara biro Kalimantan Barat.

Selain Rendra, Polda Kalbar juga menghadirkan Bapak Haryadi, jurnalis dari Pontianak Post yang memberikan pelatihan tentang fotography jurnalistik, serta Bagoes Suhada dari Kompas TV yang memberikan materi tentang pembuatan video. Pungkas Kabid Humas.

Koordinator Liputan SHI com Kalbar,”Rustan batas.”

Mungkin Anda juga menyukai