Kapolda Resmikan Kapal Angkut Personel Dit Polairud Polda NTB

*MATARAM* – Dalam upaya meningkatkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di wilayah perairan, Kapolda NTB Irjen Pol. R. Umar Faroq, S.H., M.Hum., meresmikan kapal angkut personel Dit Polairud. Senin (24/06/2024).

“Mari kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa. Atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesehatan, kekuatan, kesempatan dan keselamatan untuk dapat mengikuti peresmian kapal angkut personel Dit Polairud, dalam rangka mendukung harkamtibmas di wilayah hukum perairan Polda NTB,” ungkap Kapolda NTB mengawali sambutannya.

Pati Polri bintang dua itu menekankan pentingnya keberadaan kapal angkut personel tersebut, dalam menghadapi tantangan tugas kepolisian yang semakin berat dan kompleks. Menurutnya, pengaruh kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, ditambah dinamika perkembangan strategis yang cepat berubah, memerlukan penanganan yang ekstra dalam menjaga keamanan di wilayah perairan.

“Adanya permasalahan keamanan di perairan Polda NTB, tidak terlepas dari kondisi letak geografis Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan terdiri dari pulau besar Lombok dan Sumbawa serta pulau-pulau kecil lainnya, yang berpenghuni dan memiliki sumber daya alam yang melimpah,” ujarnya.

Disebutkan, kapal angkut personel yang diresmikan itu adalah bagian dari program APBN Korpolairud Baharkam Polri, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam menjaga harkamtibmas di perairan NTB. Dimana sebelumnya, Dit Polairud Polda NTB telah memiliki dua unit kapal KPC XXI-2013 dan KPC XXI-2014, serta sejumlah kapal taktis lainnya.

“Dengan adanya penambahan alutsista seperti kapal angkut personel Dit Polairud, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Dit Polairud Polda NTB dalam kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum di wilayah perairan Polda NTB,” jelas Kapolda NTB.

BACA JUGA:  Wujudkan Pemilu Damai, Kaops Nusantara Cooling System Tebar 1.500 Paket Sembako di Tasikmalaya

“Selain itu, Dit Polairud Polda NTB, dapat membangun kemitraan dengan stakeholder kemaritiman, pun peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga harkamtibmas,” lanjutnya.

Umar Faroq juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait, untuk terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara berkelanjutan, untuk kemakmuran rakyat dan generasi mendatang.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Peresmian itu menandai langkah strategis Polda NTB, dalam memperkuat armada kepolisian perairan, yang diharapkan dapat menciptakan perairan yang lebih aman dan tertib, sekaligus melindungi sumber daya alam demi kesejahteraan masyarakat NTB.

( KORLIP NTB )

Mungkin Anda juga menyukai