RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten Pelajari Pengelolaan IPAL RSUD dr. Iskak

Tulungagung,- Arah Baru.id-Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr. RM. Soedjarwadi Klaten, Jawa Tengah berkunjung ke RSUD dr. Iskak, Kamis (07/03/2024). Kedatangan mereka untuk mempelajari sistem pengelolaan IPAL di RSUD dr. Iskak.

“Kami bermimpi ke depan dapat mengelola IPAL di rumah sakit kami,” ujar Sukatwo, SKM, S.ST, Ftr, yang memimpin lawatan RSJD Dr. RM. Soedjarwadi.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) memiliki peranan penting terhadap pengelolaan limbah cair yang dihasilkan unit pelayanan. IPAL yang baik akan menjaga kondisi lingkungan sekitar dari pencemaran.

Pengolahan limbah cair di RSUD dr. Iskak Tulungagung menggunakan sistem pengolahan kombinasi, yakni sistem aerob dan anaerob. Limbah cair ini umumnya berupa cairan bekas infus atau farmasi, cairan bekas makanan atau minuman dan juga limbah air dari bekas cuci pakaian pasien.

Kepala Bidang Pelayanan Penunjang RSUD dr. Iskak, Sujianto, S.Kep.NERS, MMRS,  memaparkan pengelolaan IPAL dimulai dari perencaanaan dengan melihat analisa kebutuhan. “ Di RSUD dr. Iskak Semua perencanaan berangkat dari usulan unit. Sehingga usulan itulah yang menjadi perencanaan secara keseluruhan,” ujar Sujianto.

Sujianto membuka diskusi dengan tamunya untuk saling belajar. Selain bertukar pikiran, rombongan juga melakukan hospital tour .

BACA JUGA:  LSM kasta NTB DPD LOTIM, menolak rencana Pemda Lotim menghapus honor guru ngaji Lotim di bagian kesra

Mungkin Anda juga menyukai