Pastikan Pelaksanaan OMB Kapuas 2023-2024 Berjalan Lancar, PJU Polda Kalbar Melakukan Monitoring Menggunakan Helikopter Ke Kabupaten Sanggau Dan Landak

PONTIANAK, POLDA KALBAR – Pejabat Utama (PJU) Polda Kalbar yang dilibatkan dalam Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Kapuas 2023-2024 melaksanakan patroli udara dan monitoring pelaksanaan Operasi Mantap Brata di wilayah-wilayah dengan menggunakan helikopter untuk memantau keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di sejumlah wilayah di Provinsi Kalbar khususnya Kabupaten Sanggau dan Landak, pada Sabtu (9/12).

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto melalui Kabidhumas Polda Kalbar Kombespol R. Petit Wijaya menjelaskan bahwa saat ini ia bersama beberapa perwira menengah ditugaskan untuk patroli udara dan monitoring kegiatan OMB di wilayah hukum polda Kalbar.

“Kegiatan patroli udara dan monitoring wilayah ini tujuannya untuk memantau situasi kamtibmas wilayah dan monitoring pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024, yang kebetulan kali ini kita akan laksanakan di Polres Landak dan Polres Sanggau,” jelas Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol R. Petit Wijaya, S.I.K., M.M., yang juga selaku Kasatgas Humas.

Kasatgas Humas mengatakan, patroli dan monitoring menggunakan helikopter ini routenya dimulai dari lapangan Jananuraga Polda Kalbar yang selanjutnya menuju sanggau dan landak dan kembali kepontianak di lapangan Jananuraga Polda Kalbar.

Saat memberikan arahan kepada para pejabat operasi polres sanggau dan landak,
terpantau juga perwira menengah (pamen) yang turut mendampingi yaitu, Kabag Dalops Roops Polda Kalbar AKBP Stevy F. Pattiasina, S.I.K., S.H., M.H., Kasubbid Multimedia Bidhumas Polda Kalbar Kompol Danur Lieantara, S.H., S.I.K.

“Kita harus selalu siap dalam situasi yang dadakan, anggota harus dijaga kesehatannya, laksanakan rencana kegiatan sesuai perkiraan intelijen dan laporkan pada Sistem Operasi Terpadu (SOT)”, kata Petit.

BACA JUGA:  Polres Sanggau Gelar Pengobatan Gratis di Lingkungan Liku Kelurahan Beringin

Di samping memantau situasi terkini wilayah Provinsi Kalbar, patroli udara ini juga untuk melihat potensi gangguan kamtibmas dan ancaman bencana alam dari udara.

“Tiap personel yg akan ke TPS-TPS terjauh dan terpencil agar dibekali dengan obat-obatan dan P3K, dan sesuai arahan dan perintah kapolri kita harus netral, sudah ada perintah tertulis melalui surat telegram Kapolri dan Kapolda Kalbar agar anggota polri netral, itu harus kita patuhi dan laksanakan”, tegas petit.

Setelah melaksanakan arahan, Kasatgas Humas Polda Kalbar meninjau gudang logistik, Kantor KPU dan Bawaslu.

Ia menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan keamanan dan ketertiban yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

“Saya menghimbau bahwa dengan adanya pengamanan di kantor KPU dan Bawaslu janganlah dipolitisir seolah-olah polisi mengintervensi KPU dan Bawaslu, tujuan kami disana hanya selaku mengamankan keamanan kantor KPU, Bawaslu dan seluruh isinya, dari segala ancaman dan gangguan, jadi jangan dijadikan bahan gorengan politik”, tutupnya.
Koordinator SHI.COM Kalbar,”Rustan. “

Mungkin Anda juga menyukai